McDonnell Douglas MD-94X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
McDonnell Douglas MD-94X


TipePesawat terbang
StatusProyek dibatalkan
Acuan dasarMcDonnell Douglas MD-80

McDonnell Douglas MD-94X adalah sebuah pesawat sayap rendah (low wing) dalam perencanaan bertenaga propfan, diperkirakan memulai produksi pada tahun 1994. Pesawat ini memiliki tempat duduk antara 160 dan 180 penumpang dalam konfigurasi tempat duduk yang tidak diketahui. Sebuah desain baru, dikembangkan pada 1980-an untuk bersaing dengan Boeing 7J7 yang serupa. Konfigurasi mirip dengan MD-80, tetapi teknologi canggih seperti noseplanes canard, laminar dan turbulen lapisan batas kontrol, sisi-stick kontrol penerbangan (melalui serat optik), dan konstruksi aluminium-lithium alloy sedang dipertimbangkan.

Ketertarikan maskapai penerbaangan di teknologi baru propfan cukup rendah meskipun ada klaim pengurangan hingga 60% dalam penggunaan bahan bakar, dan akhirnya pesawat dibatalkan. Pesawat untuk militer, McDonnell Douglas P-9D, juga dibatalkan. Awalnya pesawat ini untuk digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

Dalam pengembangan di saat yang sama dirancang juga dua varian propfan dari MD-80. "MD-91X" dengan tempat duduk 100-110 dan diperkirakan memasuki layanan pada tahun 1991, dan "MD-92X" memiliki kursi 150 dan diperkirakan masuk layanan pada tahun 1992. DC-9 dan MD-80 juga dapat memenuhi syarat untuk upgrade ke powerplants propfan baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]