Mautam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Bambu yang sedang berbunga

Mautam (Mizo untuk "kematian bambu") adalah fenomena ekologi siklik yang terjadi setiap 48 tahun di negara bagian India timur laut Mizoram dan Manipur, yang tiga puluh persen ditutupi oleh hutan bambu liar, serta Chin Negeri di Burma, terutama Hakha, Thantlang, falam, Paletwa dan Matupi kota-kota. Salah satu tahap melibatkan ledakan tikus, yang pada gilirannya menciptakan kelaparan meluas di daerah-daerah.[1]

Selama Mautam, Melocanna baccifera, spesies bambu, bunga pada satu waktu di seluruh wilayah yang luas. Acara ini diikuti oleh selalu wabah tikus hitam dalam apa yang disebut banjir tikus.[2][3] Hal ini terjadi sebagai tikus berkembang biak dalam menanggapi windfall sementara bibit dan meninggalkan hutan untuk mencari makan pada biji-bijian yang disimpan saat benih bambu habis, yang pada gilirannya menyebabkan kelaparan dahsyat.[4] Kelaparan sehingga menyebabkan telah memainkan peran penting dalam membentuk sejarah politik di kawasan itu. Serentetan terbaru dari berbunga, pada genetik yang terkait jadwal spesies bambu ', dimulai pada Mei 2006, dan pemerintah negara bagian dan Angkatan Darat India berusaha untuk mencegah kelaparan.

Mekanisme[sunting | sunting sumber]

Setelah berbunga, bambu mati dan meregenerasi dari biji. Tikus berpesta benih yang tersedia di banyak. Karena itu, ada ledakan tiba-tiba dalam populasi tikus. Tindakan dari tikus diperkirakan Menjadi mekanisme kontrol ekologi. Benih dari setiap batang bambu yang mungkin bunga off-cycle semua dimakan oleh tikus, sehingga memperkuat irama ekstrem ini versi tahun tiang. Beberapa ahli Percaya bahwa bunga memiliki efek positif pada kesuburan tikus, serta pada peningkatan ukuran yang layak dari sampah tikus. Semua penjelasan yang tersedia menunjukkan fakta bahwa peningkatan jumlah mereka selama tahun puncak adalah efek setelah alami dari berbunga dari bambu. Namun, setelah mereka menguras pasokan makanan ini sementara berlimpah, tikus mengalihkan perhatian mereka tanaman dibudidayakan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Catatan dari British Raj menunjukkan bahwa Mizoram menderita kelaparan pada tahun 1862 dan sekali lagi pada tahun 1911, setelah wilayah tersebut menyaksikan flowerings bambu yang sama. Dalam setiap kasus, catatan menunjukkan bahwa berbunga bambu mengarah ke peningkatan dramatis dalam lokal populasi tikus. Peningkatan menyebabkan penggerebekan di lumbung dan kehancuran sawah, dan kemudian untuk kelaparan selama setahun. The 1958-1959 Mautam mengakibatkan kematian tercatat setidaknya seratus orang, selain kehilangan berat untuk properti manusia dan tanaman. Beberapa desa tua di wilayah yang lebih tradisional berkembang, mengingat acara ini, telah mengklaim bahwa berdasarkan peringatan mereka tradisi rakyat dipecat sebagai takhayul oleh Pemerintah Assam, yang kemudian memerintah yang sekarang keadaan Mizoram. diperkirakan bahwa sekitar dua juta tikus tewas dan dikumpulkan oleh penduduk setempat, (tarif sekitar 1 US sen Menurut hadir hari) setelah karunia 40 paisa ditempatkan pada masing-masing. Namun, bahkan setelah peningkatan populasi tikus dicatat, persiapan pemerintah untuk menghindari kelaparan terbatas Kelalaian ini menyebabkan dasar dari Mizo Nasional Kelaparan depan, dibentuk untuk memberikan bantuan ke daerah-daerah yang jauh-melemparkan. Badan ini kemudian menjadi Front Nasional Mizo (MNF), dan mengadakan pemberontakan besar pada tahun 1966. Di bawah pemimpinnya Laldenga (yang kemudian menjadi Menteri Kepala Mizoram), MNF berjuang perjuangan separatis pahit selama dua puluh tahun melawan Tentara India sampai suatu kesepakatan yang menjamin otonomi Mizoram sebagai negara terpisah ditandatangani pada tahun 1986.[5] Kepala Menteri Zoramthanga, pemimpin gerilya mantan, membuat persiapan untuk meramalkan 2006 Mautam selama dua tahun. Pada bulan Juni 2006, Angkatan Darat India ditekan ke dalam layanan sebagai langkah darurat untuk membantu administrasi negara dalam mencapai daerah-daerah terpencil. Administrasi negara diatur untuk tanaman pangan alternatif yang akan tumbuh secara lokal; dan juga diatur untuk tentara untuk memberikan petunjuk tentang pengendalian hama. Penduduk desa didorong untuk tumbuh kunyit dan jahe, sebagian sebagai asuransi terhadap variasi daya beli, dan juga karena rempah-rempah menangkal serangan tikus. Wabah tikus biasa terkait dengan berbunga bambu (dan berbuah berikutnya dan pembibitan) juga terjadi di negara bagian India terdekat Arunachal Pradesh, Manipur, dan Nagaland,[6] dan juga di Laos, Jepang, Madagaskar dan Amerika Selatan Laos, Japan, Madagascar and South America.[7] Thingtam. kelaparan yang sama, terjadi dengan berbunga bambu lain, Bambusa tulda

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Swarms of rats destroy crops in townships in Chin state", Inside Burma, Mizzima, diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-25, diakses tanggal 2015-07-04 .
  2. ^ Rat Attack, Plant vs. Predator, PBS .
  3. ^ Normile, D (February 2010). "Holding back a torrent of rats". Science. 327 (5967): 806–7. doi:10.1126/science.327.5967.806. PMID 20150483. 
  4. ^ Foster, Peter (14 October 2004), Bamboo threatens to bring Indian famine, Papillons art palace, diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-20, diakses tanggal 2015-07-04 .
  5. ^ Kaminsky, Arnold P; Long, Roger D (30 September 2011). India Today: An Encyclopedia of Life in the Republic: An Encyclopedia of Life in the Republic. ABC-CLIO. hlm. 473–. ISBN 978-0-313-37463-0. Diakses tanggal 28 August 2013. 
  6. ^ Rodent problems in India and strategies for their management (PDF), AU: Aciar, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2006-10-08, diakses tanggal 2015-07-04 .
  7. ^ Rodent outbreaks in the uplands of Laos: analysis of historical patterns and the identity of nuu khii (PDF), AU: Aciar, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2006-10-08, diakses tanggal 2015-07-04 .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]