Maurice Leenhardt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Maurice Leenhardt (1878-1954), adalah seorang pendeta Prancis dan etnolog yang mengkhususkan diri dalam Kanak orang dari Kaledonia Baru.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Leenhardt lahir di Montauban. Pada awal abad kedua puluh, otoritas Protestan yang bersangkutan diri dengan pewartaan Injil kepada Kanaks, dalam persaingan dengan saudara Marist. Maurice Leenhardt merupakan pendeta pada tahun 1902 di Kaledonia Baru di mana ia mendirikan misi "Dö nèvâ" di lembah Houailou. Di luar perannya sebagai pendeta, dia berusaha untuk memahami mentalitas bangsa ini di jalan menuju kepunahan.

Ketika ia tiba di Kaledonia Baru, Maurice Leenhardt disambut oleh kata-kata dari wali kota Nouméa: Apa yang Anda lakukan di sini?. Dalam sepuluh tahun tidak akan ada lagi Kanak. Dia mempersiapkan dirinya untuk memerangi genosida lambat ini, ia melawan alkoholisme yang perlahan-lahan menghancurkan orang-orang Kanak. Ia menerjemahkan Perjanjian Baru ke dalam bahasa Houailou dengan bantuan murid pertamanya.

Ia kembali ke Prancis pada tahun 1927 di mana ia mendirikan Société des Océanistes dan Musée de l'Homme, dan mengambil kursi dari Lucien Retribusi-Bruhl di École des Hautes Études en Sciences Sociales. Setelah kedua tinggal hampir sepuluh tahun di Kaledonia Baru, ia mulai mengajar bahasa Oseanik di Institut Nasional des Langues Peradaban et Orientales pada tahun 1944. Dia meninggal di Paris. Putri Leenhardt, Stella menikah dengan sejarawan agama dan teolog Henry Corbin (1933).

Kontribusi ke Etnologi[sunting | sunting sumber]

Kontribusi Maurice Leenhardt untuk etnologi cukup besar, meskipun tidak dalam bingkai secara teoretis. Sebelum Bronislaw Malinowski, ia mempraktikkan etnologi dianjurkan oleh Marcel Mauss dari kantornya di Paris. Selama dua puluh lima tahun ia berlatih observasi partisipan dan penelitian aktif, kebajikan yang tidak ditemukan kembali sampai tahun 1960-an. Maurice Leenhardt tidak dogmatis dan melalui semua kontribusi tersebut, ia tidak pernah mencari pengikut. Dia tetap salah satu yang pertama untuk mempertimbangkan fenomena sosial dalam totalitas mereka dan untuk mempelajari seni, mitos, dan kebiasaan masyarakat Kanak serta bahasa mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • James Clifford: Maurice Leenhardt. Personne et mythe en Nouvelle Calédonie. (Éditions Jean-Michel Place, 1987),engl.: Person and Myth – Maurice Leenhardt in the Melanesian World, Duke University Press, 1992
  • Jean Guiart: Maurice Leenhardt, missionnaire et sociologue., Monde Non Chrétien, 1955, 13 p. L'article est téléchargeable sur le serveur de l'IRD (ex. ORSTOM)[1] Diarsipkan 2004-04-19 di Wayback Machine.
  • Jean Guiart: Destin d'une église et d'un peuple: Nouvelle-Calédonie 1900–1959: étude monographique d'une œuvre missionnaire protestante. (Paris FR), 1959, 88 p). [2] Diarsipkan 2004-05-26 di Wayback Machine.
  • Historique de la section langues océaniennes de l'INALCO, avec une longue notice biographique sur Maurice Leenhardt par J. de Lafontinelle. Article extrait de l'ouvrage: "Langues'O 1795–1995: deux siècles d'histoire de l'Ecole des Langues Orientales", textes réunis par Pierre Labrousse. Editions Hervas. Paris 1995. http://www.langues-oceaniennes.org/texte/historique.pdf Diarsipkan 2007-09-28 di Wayback Machine.