Matura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Matura (Matur, Maturita) adalah kata yang lazim digunakan di Austria, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Italia, Liechtenstein, Polandia, Serbia, Slovenia dan Swiss untuk ujian akhir siswa-siswa SMU (usia 18 atau 19 tahun) pada akhir masa pendidikan sekolah menengah mereka. Di Ceko dan Slowakia ujian ini resminya disebut maturita, matura digunakan sebagai slang. Di Hongaria, sistem yang sama digunakan, namun istilahnya adalah érettségi (vizsga) ("ujian kedewasaan"), istilah yang setara dengan matura.

Ujian ini biasanya terjadi setelah 12 atau 13 tahun bersekolah. Setiap kandidat yang lulus dalam ujian akhir mereka akan mendapatkan sebuah dokumen yang berisi nilai-nilai mereka, yang memampukan mereka melanjutkan studi ke universitas. Di negara-negara seperti Austria, dokumen ini saja yang memungkinkan mereka melanjutkan ke universitas manapun, karena nilai-nilai saja tidak relevan. Sementara itu, di negara-negara lain mungkin saja terdapat numerus clausus, artinya bahwa standar-standar tertentu harus dicapai dalam nilai-nilai Matura sebelum seorang murid dapat diterima di universitas.

Istilah yang setara di Britania Raya (kecuali Skotlandia) adalah "A-level", di Skotlandia istilahnya "Advanced Higher Grade", di Irlandia "Leaving Certificate", di Jerman "Abitur", atau disingkat "Abi", dan di Prancis "le baccalauréat", atau disingkat "le bac".

Matura di Austria[sunting | sunting sumber]

Istilah resmi untuk Matur(a) di Austria adalah Reifeprüfung. Dokumen yang diterima setelah seseorang menyelesaikan ujian-ujiannya disebut Maturazeugnis.

Dalam Gymnasium, yang, berbeda dengan sekolah-sekolah kejuruan, terfokus pada pendidikan umum, Matura terdiri atas 3-4 ujian tertulis (disebut Klausurarbeiten, masing-masing 4-5 jam) yang harus diambil dalam beberapa hari di pagi hari berturut-turut (biasanya pada bulan Mei) dan 3-4 ujian lisan yang harus diambil dengan cara yang sama satu bulan kemudian (biasanya pada bulan Juni). Semua ujian diselenggarakan di sekolah tempat terakhir si calon belajar. Para calon mempunyai pilihan untuk menulis sebuah makalah ilmiah (yang disebut Fachbereichsarbeit) untuk diajukan pada awal Februari sebelum ujian akhir dan, apabila diterima, akan mengurangi jumlah ujiannya dengan satu mata ujian (3 tertulis, 3 lisan). Namun, Fachbereichsarbeit harus disajikan secara lisan pada hari ujian lisan berlangsung.

Sistem nilainya sama dengan sistem nilai yang digunakan di sekolah-sekolah Austria: 1 (sehr gut), artinya baik sekali; 2 (gut) berarti baik; 3 (befriedigend) berarti cukup; 4 (genügend) artinya lulus; 5 (nicht genügend) artinya gagal. Selain itu, ijazah si calon, Maturazeugnis, memuat penilaian resmi keseluruhannya: mit ausgezeichnetem Erfolg bestanden (lulus dengan sangat memuaskan), mit gutem Erfolg bestanden (cukup baik; dapat diberikan nilai 1 sampai 3); bestanden (lulus); dan nicht bestanden (gagal). Calon yang gagal boleh mengulangi ujian akhir mereka pada bulan September/Oktober atau Februari/Maret pada tahun ajaran berikutnya.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]