Matahariku (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Matahariku (Album))

Album Nike Ardilla berjudul Matahariku adalah album ke-4 yang dirilis pada 26 September 1991. Album ini menjadi album ke-2 setelah "Bintang Kehidupan" yang dirilis di Malaysia yang sukses dengan terjual mencapai 1,5 juta keping dan berhasil meraih BASF Award untuk kategori Album Rock Terlaris 1991.

Matahariku
Album studio karya Nike Ardilla
Dirilis26 September 1991
DirekamApril 1991
GenreHard rock, Pop rock, Power ballad, Soft rock
Durasi27:08
LabelBlackboard, Music Plus & Musica Studio's
ProduserDeddy Dores
Kronologi Nike Ardilla
Nyalakan Api
(1991)Nyalakan Api1991
Matahariku
(1991)
Biarlah Aku Mengalah
(1992)Biarlah Aku Mengalah1992

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah merilis album Ke-3 "Nyalakan Api" yang sukses dipasaran, "Matahariku" direkam pada 10 April 1991 dan dirilis pada 26 September 1991. Inilah untuk pertama kalinya album Nike Ardilla menampilkan dua lagu jagoan di cover Albumnya. Lagu pertama adalah lagu karya Deddy Dores “Matahariku”. Sedangkan lagu kedua berjudul “Izinkan” karya Youngki Soewarno dan Cecep AS. Kualitas vokal Nike Ardilla terasa semakin matang di album ini, terutama pada lagu "Izinkan".

Single[sunting | sunting sumber]

Sebuah EP dirilis pada September 1991 yang memuat 5 lagu dari album "Matahariku" yaitu: Matahariku, Izinkan, Belenggu Cinta, Luka, dan Kenyataan Manis. Lagu andalan dalam album ini adalah "Matahariku" dan “Izinkan”, "Matahariku" dibuat dalam 2 versi video klip, sedangkan untuk video klip "Izinkan" sendiri dibuat ekslusif untuk stasiun TVRI. Secara keseluruhan bisa dibilang album ini sangat bagus dan semua lagunya potensial menjadi hits.

Promosi[sunting | sunting sumber]

Dengan serangkaian promo tour yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia dan Malaysia saat itu, album ini pun berhasil meraih sukses. Lagu "Matahariku" berhasil menjadi hits dan merajai tangga lagu di seluruh Indonesia dan Malaysia. Album "Matahariku" sendiri menjadi album ke-2 yang diedarkan di Malaysia setelah "Bintang Kehidupan" dan Untuk pertama kalinya Nike mempromosikan album di Malaysia. Mojang Bandung ini pun makin bersinar dan jadwal manggungnya sangat padat.

Setelah Nike Ardilla meninggal pada tahun 1995 album-album lama Nike Ardilla sempat dipasarkan kembali, termasuk album Matahariku. Dan dalam tempo singkat segera ludes di pasaran. Lagu “Matahariku” pun dijadikan soundtrack sebuah sinetron di SCTV dengan judul yang sama. Total album ini terjual mencapai 1,5 juta keping dan berhasil meraih BASF Award untuk kategori album rock terlaris 1991.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Matahariku (Deddy Dores)
  2. Izinkan (Yongky Suwarno & Cecep AS)
  3. Telepon Darimu (Wildan HS & Dhenda Sukma Rusman, Jhonny Rodit)
  4. Belenggu Cinta (Teddy Riadi/Wildan HS)
  5. Luka (Erens F Mangalo)
  6. Kenyataan Manis (Pance F Pondaag)
  7. Cinta Pudar (Deddy Dores)
  8. Telepon Rindu (Youngky RM & Jhonny Rhodit)
  9. Karya Besar (Ekky Soekarno)
  10. Hanya Impian (Doddy Lesmana)
  11. Jeritan Rindu (Iiep Ar)
  12. Tegar (Deddy Dores)