Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz adalah sebuah masjid negara di Selangor, Malaysia. Masjid ini adalah masjid terbesar di negara bagian tersebut dan juga masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid ini digagas oleh pendirinya, Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah, saat dia mengumumkan Shah Alam menjadi ibukota dari negara bagian Selangor pada 14 Februari 1974. Konstruksi dimulai tahun 1982 dan selesai 11 Maret 1988. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid biru karena kubahnya berwarna biru dan salah satu kubah masjid terbesar di dunia. Struktur dari masjid ini menggabungkan arsitektur Melayu dan Islam.

Arsitektur dan Fitur[sunting | sunting sumber]

Arsitektur dari masjid ini menggabungkan unsur Melayu dan Islam. Dijuluki "masjid biru" karena kubah alumunium besarnya itu memang berwarna biru dan dilapisi oleh lapisan yang memuat ayat-ayat Al-Qur'an.

Kubah utamanya adalah kubah masjid terbesar di Malaysia, memiliki diameter 170 kaki dan ketigiannya 350 kaki dari permukaan tanah. Empat minaretnya merupakan minaret tertinggi kedua di dunia setelah minaret dari Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko yang merupakan minaret tertinggi di dunia.

Masjid ini memang terlihat besar karena masjid terdiri dari 3 lantai. Masjid ini dapat menampung 16.000 orang.