Masjid Babul Islam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Masjid Babul Islam

Masjid Babul Islam adalah masjid yang berada di kota Tacna Peru. Masjid ini menjadi masjid pertama yang didirikan di Peru. Masjid Babul Islam selesai dibangun secara keseluruhan tahun 2008. Dibangun dan dikelola oleh Muslim migran dari Pakistan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Komunitas muslim di kota Tacna, bermula dari 25 orang pebisnis migran dari Pakistan yang hijrah ke sana tahun 1995. Kebanyakan dari mereka merupakan pebisnis mobil bekas pakai dari Jepang. Masjid Babul Islam sudah mulai dibangun dengan bentuk sederhana sejak pertama kedatangan mereka di kota Tacna, dan perlahan tapi pasti dengan dana murni dari Jamaah masjid tersebut menunjukkan wujudnya yang kala itu masih berada di tengah ladang pertanian.

Pembangunan masjid ini tak terlepas dari peran Sher Afzal Khan Barikoti yang juga membangun sekolah islam formal bagi anak anak dengan nama sekolah Shah Wali Ullah di areal Masjid tersebut. Saat ini komunitas muslim disana sekitar 350 jiwa. Masjid yang selesai dibangun tahun 2008 tersebut kini berada di tengah tengah pusat keramaian kota Tacna menyemarakkan dakwah Islam di Peru.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]