Masjid Ahmad Kadyrov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masjid Akhmad Kadyrov)
Masjid Katedral Ahmad Kadyrov
Ахмата Кадырова соборная ме́че́ть
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Chechnya
Lokasi
LokasiGrozny
Negara Rusia
Koordinat43°19′04″N 45°41′36″E / 43.3178°N 45.6933°E / 43.3178; 45.6933Koordinat: 43°19′04″N 45°41′36″E / 43.3178°N 45.6933°E / 43.3178; 45.6933
Arsitektur
Gaya arsitekturOttoman Klasik Akhir
Rampung16 Oktober 2008
Spesifikasi
Menara4
Tinggi menara62-meter (203 ft)

Masjid Katedral Ahmad Kadyrov (bahasa Rusia: Ахмата Кадырова соборная ме́че́ть; bahasa Chechnya: Кадыров Ахьмадан цӀарах маьждиг), atau lebih dikenal dengan Masjid Jantung Chechnya (bahasa Rusia: Се́рдце́ Че́чни ме́че́ть adalah sebuah kompleks masjid bersejarah yang terletak di kota Grozny, Republik Chechnya, Rusia.[1][1][2] Masjid ini dinamai berdasarkan Ahmad Kadyrov, presiden pertama Republik Chechnya atau ayah dari presiden republik saat ini, Ramzan Kadyrov. Masjid ini awalnya dibangun atas perintah Walikota Konya, Turki.

Pada tanggal 16 Oktober 2008, masjid ini secara resmi dibuka dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov dan Perdana Menteri Rusia saat itu Vladimir Putin (sekarang menjabat sebagai presiden Rusia). Masjid ini terletak di tepi Sungai Sunzha yang indah di tengah taman besar (14 hektar) dan merupakan bagian dari kompleks arsitektur Islam, yang selain masjid, terdiri dari Universitas Islam Rusia, Kunta-Haji, dan Administrasi Spiritual Muslim Republik Chechnya.

Desain masjid diarsitekturi dalam gaya Ottoman klasik, seperti yang dicontohkan dalam arsitektur Istanbul. Aula tengah masjid ditutupi dengan kubah besar (diameter – 16 meter, tinggi – 32 m). Ketinggian empat minaret masjid ini adalah 62 meter, sekaligus menjadikannya salah satu masjid tertinggi di Rusia selatan. Dinding fasad dan mihrab masjid dibangun dari marmer dan travertin, sedangkan interiornya didekorasi dengan marmer putih.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid Katedral Akhmad Kadyrov dibangun dengan kapasitas 10 ribu jemaah di atas lahan seluas 14 hektare, lengkap dengan taman yang luas, dan menjadikannya sebagai salah satu masjid terbesar di Eropa. Masjid ini juga dikenal sebagai “The Heart of Chechnya” atau dalam bahasa Indonesia disebut "Jantung Chechnya". Sebelum diresmikan, masjid ini sempat juga dinamai dan disebut sebagai Masjid Kubah Pusat Grozny atau Masjid Pusat Grozny. Sampai akhirnya dinamai Masjid Akhmad Kadyrov.

Pembangunannya dimulai tahun 2006, dan selesai pada tahun 2008 menghabiskan dana sekitar 1,26 milyar rubel (setara dengan 311,9 milyar rupiah). Masjid ini merupakan bagian dari Islamic Center, lengkap dengan Badan Urusan Agama Islam, Institut Agama Islam, Gedung Madrasah, Perpustakaan, Hotel, hingga Asrama bagi mahasiswa. Masjid Katedral Akhmad Kadirov diresmikan oleh Presiden Chechnya, Ramzan Kadyrov pada hari Jumat tanggal 17 Oktober 2008.

Upacara peresmian tersebut turut dihadiri oleh Vladimir Putin, duta besar Turki, serta perwakilan dari berbagai negara sahabat (Kazakhstan, Turkmenistan, Indonesia, Palestina, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Qatar)

Masjid megah ini dibangun oleh kontraktor Turki yang direplika dari bentuk Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki lengkap dengan empat minaret setinggi 62 meter, yang minaretnya sama persis seperti minaret di Masjid Sultan Ahmed atau yang lebih dikenal dengan Masjid Biru Istanbul.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]