Marvel Super Heroes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Marvel Super Heroes
Tampilan depan permainan video Marvel Super Heroes.
Pengembang Capcom
Penerbit Capcom
Perancang Takeshi Tezuka, Tetsuya Iijima, Atsushi Tomita, Kiyoshi Nishikawa, Kei Hiratou, Satoru Kimura
Komposer musik Takayuki Iwai
Yuki Iwai
Tatsuro Suzuki
Platform Arcade, Sega Saturn, PlayStation
Tanggal rilis Arcade
AN Oktober 1995
JP November 1995

Sega Saturn
AN September 1997
JP Agustus 1997

PlayStation
AN September 1997
JP September 1997
Genre Pertarungan versus
Mode 2 pemain
Sistem arkade CPS-2
Tampilan Raster, 384 x 224 piksel (Horisontal), 4096 colors

Marvel Super Heroes (MSH) adalah permainan video bergenre pertarungan dengan grafik 2 dimensi yang dibuat oleh Capcom. Permainan video ini pada awalnya dirilis tahun 1995 untuk konsol arcade dan kemudian dibuat juga untuk konsol Sega Saturn dan PlayStation. Marvel Super Heroes menampilan aneka karakter milik Marvel Comics, perusahaan komik asal AS.


Metode Permainan[sunting | sunting sumber]

Inti dari permainan Marvel Super Heroes adalah mengalahkan karakter musuh. Pemain mula-mula harus memilih satu dari beberapa karakter yang bisa dimainkan, lalu karakter yang dipilihnya akan masuk ke arena pertarungan. Pemain dianggap menang jika karakternya berhasil menghabiskan poin kesehatan (life bar) lawannya lebih dulu. Poin kesehatan lawan dikurangi dengan cara melakukan kombinasi pukulan (combo) dan serangan spesial kepada karakter lawan. Permainan dibagi dalam 2 ronde dan jika masing-masing karakter berhasil memenangkan setiap ronde atau keduanya kalah secara bersama-sama (draw), diadakan ronde tambahan untuk menentukan pemenangnya. Pemain juga bisa menang apabila ketika waktu pertarungan sudah abis (time over), poin kesehatan yang dimiliki karakternya tersisa lebih banyak dibandingkan poin kesehatan milik lawan.

Marvel Super Heroes juga menampilkan fitur serangan super (infinity combo). Serangan super bisa dilakukan jika batang energi (infinity bar) yang terletak di bawah batang penunjuk kesehatan (life bar) sudah terisi hingga skala tertentu. Infinity bar akan terisi secara otomatis bila karakter melakukan serangan beruntun ke arah musuh atau mendapat serangan dari karakter lawan. Begitu salah satu karakter melakukan serangan super, layar permainan akan terhenti sejenak dan barulah karakter melepaskan serangan supernya. Dampak dan efek kerusakan yang diakibatkan serangan super bervariasi, namun kerusakan yang ditimbulkan terhadap poin kesehatan lawan seringkali sangat besar.

Gem (Permata)[sunting | sunting sumber]

Fitur lain pada Marvel Super Heroes yang tidak ditemukan pada permainan video lainnya adalah adanya fitur batu permata ajaib (gem). Gem bisa dimunculkan maupun didapatkan dengan cara melakukan serangan pertama begitu permainan dimulai atau menyerang musuh dengan serangan spesial. Di dalam mode single player, gem didapatkan dengan cara melalui setiap level permainan dan semakin jauh level yang dicapai pemain, semakin banyak gem yang bisa ia kumpulkan. Ada 6 macam gem berbeda yang terdapat dalam permainan dan setiap gem memiliki efek sendiri-sendiri pada penggunanya dalam jangka waktu tertentu.

  • Power (Kekuatan)
Gem ini berwarna merah muda. Jika digunakan, kekuatan serangan pemakainya akan bertambah kuat. Memberi efek khusus pada Captain America (menggandakan serangan spesialnya), Psylocke (mencipatakan 2 duplikat dirinya yang kebal tapi bisa melakukan serangan), Spider-Man (menciptakan bayangan seperti dalam cermin yang bisa melakukan serangan), dan Wolverine (membuat setiap pukulan yang dilakukannya menjadi berlipat ganda).
  • Soul (Jiwa)
Gem ini berwarna hijau. Jika digunakan, pemakainya bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Memberi efek khusus pada Iron Man (memberi efek serangan listrik dan mampu menyerap energi lawan untuk menambah poin kesehatannya sendiri).
  • Time (Waktu)
Gem ini berwarna merah. Jika digunakan, kecepatan pemakaianya akan bertambah. Memberi efek khusus pada Hulk (pukulan terkuatnya menjadi berlipat ganda) dan Shuma-Gorath (bisa mengubah musuh menjadi batu saat memukul).
  • Space (Ruang)
Gem ini berwarna ungu. Jika digunakan, pertahanan pemakainya menjadi lebih kuat dan bisa menyerap pukulan musuh. Memberi efek khusus pada Magneto (meciptakan perisai energi sehingga kebal terhadap setiap serangan) dan Juggernaut (wujudnya berubah menjadi seperti manusia baja dan juga kebal terhadap setiap serangan).
  • Reality (Realita)
Gem ini berwarna jingga. Jika digunakan, pemakainya bisa melepaskan proyektil berelemen (api, es, dan listrik) saat melakukan serangan. Gem ini memiliki periode pemakaian yang paling singkat dibandingkan gem lainnya. Memberi efek khusus pada Blackheart (menjadi tembus pandang dan tidak telihat).
  • Mind (Pikiran)
Gem ini berwarna biru. Jika digunakan, energi dari karakter pemakainya akan terisi secara otomatis.


Thanos, karakter bos utama dalam permainan ini memiliki aneka serangan super yang diberi nama serupa dengan setiap gem.

  • Power
Melemparkan miniatur matahari ke arah musuh.
  • Soul
Melepaskan pancaran energi berbentuk petir yang bisa menyerap poin kesehatan dan energi musuh.
  • Time
Melemparkan pilar bercahaya yang membuat kecepatan lawan berkurang menjadi hanya setengah kecepatan normalnya.
  • Space
Membuka lubang kecil antar dimensi yang menyedot batu-batuan di atas tanah dan kemudian membentuk lubang antar dimensi lainnya yang menjatuhkan batu-batu tersebut di atas lawan.
  • Reality
Memunculkan 2 pilar batu raksasa yang saling menghantam dan menjepit lawan.
  • Mind
Layar akan berubah menjadi pemandangan angkasa luar yang dipenuhi bintang dan kontrol dari karakter lawan menjadi terbalik untuk sementara waktu.


Thanos bisa melakukan serangan super sekalipun ia tidak memiliki gem yang bersangkutan. Karakter Thanos yang dikendalikan komputer sendiri tidak akan melakukan serangan super bila tidak memiliki gem yang bersangkutan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita dalam permainan video Marvel Super Heroes diambil dari salah satu cerita komik Marvel berjudul Infinity Gauntlet. Inti ceritanya adalah tentang Thanos dari ras alien Titan yang diutus oleh Mistress Death untuk mengurangi populasi alam semesta. Thanos pun meresponnya dengan cara mengumpulkan enam permata ajaib (infinity gems) sehingga menimbulkan kekacuan di mana-mana, termasuk di bumi. Sekelompok superhero dari tim The Avenger dan X-Men pun diutus untuk menghentikan aksi Thanos sekaligus merebut permata ajaib tersebut dari tangan Thanos. Di saat yang bersamaan, beberapa supervillain seperti Doctor Doom dan iblis yang terlupakan, Shuma-Gorath, juga ikut pergi mencari Thanos untuk mengklaim batu-batu permata tersebut dengan mengusung tujuannya sendiri-sendiri. Mereka semua akhirnya terlibat pertarungan satu sama lain sebelum bisa bertarung dengan Thanos untuk merebut keenam permata ajaib tesebut.

Berikut ini adalah akhir dari cerita yang bisa didapatkan jika pemain berhasil menamatkan permainan. Setiap karakter memiliki alur cerita yang berbeda satu sama lain sehingga menamatkan permainan dengan suatu karakter akan menghasilkan akhir certa yang berbeda dibandingkan jika menamatkan permainan dengan karakter lain.

  • Blackheart membawa pulang permata ajaib ke hadapan ayahnya Mephisto, namun ia berbalik menggunakannya untuk mengkudeta ayahnya dan mengklaim bahwa sekarang dirinyalah yang menguasai alam semesta.
  • Captain America membebaskan para superhero yang membatu, termasuk Thor, partnernya di The Avenger. The Avenger lalu melemparkan permata ajaib tersebut ke dalam lubang hitam agar tidak bisa lagi digunakan untuk tujuan jahat.
  • Doctor Doom mengklaim batu permata ajaib tersebut usai mengalahkan Thanos dan berencana menggunakannya untuk menguasai alam semesta.
  • Hulk membebaskan para superhero yang membatu, namun menolak keinginan Thanos untuk membunuhnya karena tidak mau hidup usai dikalahkan oleh Hulk. Hulk lalu mengajak kekasihnya Betty berlibur ke Las Vegas setibanya di bumi.
  • Iron Man membebaskan para superhero yang membatu dan kemudian menyadari bahwa pertama ajaib itu telah menyembuhkan penyakit yang bersarang di tubuhnya. Captain America lalu muncul dan mengatakan Tony Stark (identitas asli Iron Man) sudah mendapat kesempatan kedua untuk hidup.
  • Juggernaut yang baru saja mengalahkan Thanos berniat mengklaim batu permata ajaib di sarung tangan Thanos, namun Adam Warlock muncul untuk mengambil permata tersebut dan menjaganya, lalu mengirim Juggernaut kembali ke bumi.
  • Magneto menggunakan permata ajaib yang direbutnya dari Thanos untuk membuat bulan kedua yang bisa ditinggali para mutan.
  • Psylocke membebaskan para superhero yang membatu, namun tidak memakai permata ajaib tersebut untuk tujuan lain karena ia percaya bahwa dunia selayaknya tidak pantas hanya diperintah oleh satu orang dan itulah sebabnya ia bergabung dengan X-Men.
  • Shuma-Gorath memakai batu permata ajaib tersebut untuk dirinya sendiri sehingga ia tumbuh jauh lebih besar dari planet-planet sekalipun. Ia lalu menggunakan kekuatan barunya untuk mulai menghancurkan alam semesta.
  • Spider-Man membebaskan para superhero yang membatu dan usai tiba di bumi, ia mendapat kabar bahwa istrinya, Mary Jane, sedang mengandung anak mereka berdua.
  • Thanos berhasil mengalahkan semua kompetitornya, termasuk tiruan dirinya sendiri yang ingin menguji kemampuannya memiliki pemata ajaib tersebut. Ada 2 akhir cerita yang bisa didapatkan dari Thanos: ia memakai permata ajaib tersebut untuk menguasai alam semesta, sementara pada alur cerita lainnya ia menanggalkan kostumnya dan kemudian hidup sebagai petani biasa.
  • Wolverine membebaskan para superhero yang membatu usai mengalahkan Thanos, kemudian merenung mengenai masa lalunya dan sulitnya hidup hanya sebagai manusia biasa.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Superhero[sunting | sunting sumber]

  • Captain America memakai tameng dan memanfaatkan keahliannya melakukan berbagai gerakan akrobatik untuk bertarung. Arena pertarungannya adalah di depan Patung Liberty yang sudah setengah hancur.
  • Hulk besar dan kuat, namun juga relatif lambat bila dibandingkan dengan karakter lainnya. Arena pertarungannya adalah di depan taman ria dengan wahana permainan bianglala yang masih berputar.
  • Iron Man memakai kostum logam yang dilengkapi aneka perlengkapan canggih seperti peluncur misil dan penembak laser. Iron Man juga bisa terbang menggunakan pendorong roket di kakinya. Arena pertarungannya adalah di hanggar milik perusahaannya sendiri, Stark Industries.
  • Psylocke ahli dalam teknik bela diri ninja (ninjutsu) dan memakai kekuatan pikiran untuk membentuk senjata dari pancaran energi. Arena pertarungannya adalah di atas kereta yang sedang melaju di suatu kota di Jepang.
  • Spider-Man sangat lincah dan memiliki aneka kemampuan laba-laba seperti menempel di dinding dan menembakkan jaring. Arena pertarungannya adalah di atas elevator terbuka di puncak kota New York.
  • Wolverine mengandalkan kelincahan, kecepatan, dan kekuatan cakar logamnya dalam bertarung. Arena pertarungannya adalah di atas jembatan di suatu wilayah di Amerika Utara. Jika pertarungan berlangsung cukup lama dengan banyak serangan kuat, jembatan akan hancur dan jatuh ke atas sungai yang berarus deras. Pemenang dari pertarungan di atas jembatan hanyut akan melompat ke atas batu sambil melakukan pose kemenangannya, sementara karakter yang kalah akan jatuh ke bawah air terjun.

Supervillain[sunting | sunting sumber]

  • Blackheart tinggi dan lambat, namun ia ahli dalam menggunakan ilmu sihir hitam dan mengendalikan iblis-iblis kecil untuk menyerang. Arena pertarungannya adalah di suatu tempat mirip neraka yang dipenuhi kobaran api.
  • Magneto umumnya mengandalkan kekuatan magnetik dan kemampuannya bertarung dengan tangan kosong. Ia juga bisa terbang. Arena pertarungannya adalah di dalam kapal luar angkasa yang sedang menuju ke matahari.
  • Juggernaut adalah karakter yang paling besar dan paling kikuk, tapi juga paling kuat dalam melakukan dan menerima serangan. Arena pertarungannya adalah di pelabuhan kargo.
  • Shuma-Gorath memanfaatkan kemampuan sihirnya serta wujudnya yang unik untuk bertarung. Ia juga merupakan satu-satunya karakter yang bisa menyerap poin kesehatan milik lawannya. Arena pertarungannya adalah di gurun pasir yang dipenuhi tulang-belulang makhluk-makhluk raksasa dan batu nisan.

Boss[sunting | sunting sumber]

Karakter bos (boss) adalah karakter terakhir yang harus dihadapi dalam mode single player oleh pemain. Jika pemain sudah menyelesaikan permainan, pemain bisa bermain sebagai karakter bos dengan memasukan "kode curang" tertentu.

  • Doctor Doom memakai kostum logam yang bisa melepaskan aneka ledakan energi seperti listrik dan foton. Doctor Doom juga bisa terbang dengan menyalakan tas berpendorong roket di punggungnya. Arena pertarungannya adalah di dalam kapal selam yang menuju permukaan laut.
  • Thanos memiliki teknik serangan yang sangat bervariasi seperti memakai batu untuk menghantam musuhnya dan menyerang musuhnya dengan proyeksi energi. Ia juga bisa memakai batu permata ajaibnya (infinity gems) untuk melakukan aneka serangan super. Arena pertarungannya adalah di depan istana di luar angkasa di mana Mistress Death mengamati pertarungan tanpa suara dan Mephisto diperlihatkan sedang bermain-main dengan tengkorak. Di arena pertarungannya juga terdapat patung-patung superhero yang bisa dibebaskan jika pemain memakai karakter superhero saat mengalahkan Thanos.

Karakter Rahasia Non-Marvel[sunting | sunting sumber]

  • Anita adalah seorang anak perempuan misterius dari permainan video Capcom lainnya, Darkstalkers. Anita hanya muncul dalam Marvel Super Heroes versi Jepang yang dirilis untuk konsol rumah (home port). Ia bertarung memakai kemampuan sihirnya dan pedang ajaib milik Donovan Baine, partnernya di Darkstalkers. Karakter ini dianggap sebagai karakter yang belum selesai dibuat karena banyak dari gerakannya yang tidak bersuara dan jika pemain menamatkan permainan dengan Anita, tidak ada video penutup yang bisa dilihat dan mencerminkan perannya dalam alur cerita di permainan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]