Martín Fierro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Martín Fierro, 1894.

Martín Fierro adalah sebuah puisi epik sepanjang 2.316 baris karya pengarang Argentina José Hernández. Puisi ini mulanya diterbitkan dalam dua bagian, El Gaucho Martín Fierro (1872) dan La Vuelta de Martín Fierro (1879). Puisi ini, sebagian, adalah protes terhadap kecenderungan-kecenderungan eropanisasi dan modernisasi oleh presiden Argentina, Domingo Faustino Sarmiento. Selain itu, puisi ini memberikan kaitan historis kepada sumbangan para gaucho kepada pembangunan nasional Argentina, karena mereka memainkan peranan penting dalam perjuangan kemerdekaan Argentia dari Spanyol.[1]

Puisi ini, yang ditulis dalam bahasa Spanyol yang membangkitkan kenangan terhadap daerah pedesaan Argentina, sering kali dilihat sebagai puncak dari genre puisi "gauchesque" (puisi yang ditulis sekitar kehidupan para gaucho, yang ditulis dengan gaya yang mengingatkan kita akan balada pedesaan Argentina yang dikenal sebagai payadas) dan menjadi sokoguru penting bagi identitas nasional Argentina. Puisi ini telah muncul dalam ratusan edisi dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 70 bahasa. Banyak komentar penting telah ditulis terhadap puisi ini, antara lain oleh Leopoldo Lugones, Miguel de Unamuno, Jorge Luis Borges (lihat Borges on Martín Fierro) dan Rafael Squirru.

Pada 1920-an, Borges dan para penulis avant-garde Argentina lainnya yang merangkul "seni untuk seni" menerbitkan sebuah majalah yang bernama Martín Fierro; mereka sering secara kolektif disebut sebagai grupo Martín Fierro ("Kelompok Martín Fierro"), meskipun kadang-kadang mereka lebih dikenal sebagai Kelompok Florida.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Jorge Luis Borges, El "Martín Fierro" (ISBN 84-206-1933-7). Buku ini sangat berguna karena memberikan penerimaan kritis terhadap karya ini.

  1. ^ Carrino, F: "The Gaucho Martin Fierro", p 3. State University of New York Press, 1974

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Dalam novel Thomas Pynchon, Gravity's Rainbow, sekelompok anarkis Argentina yang dipimpin oleh Francisco Squalidozzi bekerja sama dengan sutradara film Jerman, Gerhardt von Göll, untuk membuat versi film dari Martín Fierro.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]