Marka, Somalia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemandangan kota Marka, Somalia

Marka ( مركة ) adalah sebuah kota pelabuhan di pantai selatan Somalia . Kota ini menghadap Samudera Hindia . Ini adalah kota utama di wilayah Shabeellaha Hoose yang terletak sekitar 70 km sebelah barat daya dari ibukota Mogadishu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Marka didirikan pada abad ke-5 oleh klan Biyomaal klan. Yang pertama Somalia tiba di kota pada abad ke-3 SM dan menguasai daerah dan perdagangan lokal. Kota Merka adalah salah satu dari beberapa pusat-pusat pemerintahan terkemuka di Kesultanan Ajuuraan .

Biyomaal dan Ashraaf dari Merca berjuang melawan penjajah Italia di Somaliland dalam perang dua puluh tahun yang dikenal sebagai Revolusi Biyomaal dan Ashraaf dimana banyak prajurit mereka dibunuh gubernur Italia . Selama Pemberontakan Biyomaal dan Ashraaf beberapa tokoh pemimpin tewas. Monumen didirikan dalam memori mereka masih dapat ditemukan di Merca. Pada akhir abad 20, kota mendapat reputasi sebagai resor pantai . Pada tanggal 13 November 2008 Al-Shabaab menguasai kota itu kemudian direbut kembali pada tanggal 27 Agustus 2012 oleh Tentara Nasional Somalia yang dibantu oleh tentara AMISOM.[1]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alan Boswell, Abdi Ibrahim (27 August 2012). "Al Shabab flees Somali port of Merca ahead of African Union troops". McClatchy Newspapers. Diarsipkan dari aslinya tanggal 8 December 2012. Diakses 28 August 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]