Mario

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mario
Karakter Mario
Mario.jpg
Mario pada permainan Super Mario Galaxy.
Penampilan pertama Donkey Kong (1981)
Permainan pertama Donkey Kong (1981)
Dibuat oleh Shigeru Miyamoto
Desain oleh Shigeru Miyamoto
Yōichi Kotabe
Shigefumi Hino
Disuarakan oleh (Inggris) Ronald B. Ruben (1991)
Marc Graue (1994)
Charles Martinet (1995- )
Peter Cullen (Saturday Supercade)
Lou Albano (The Super Mario Bros. Super Show!)
Walker Boone (The Adventures of Super Mario Bros. 3 and Super Mario World)
Disuarakan oleh (Jepang) Tōru Furuya (1996-1998; Super Mario Bros.: The Great Mission to Rescue Princess Peach! and Amada Anime Series: Super Mario Bros.)
Diperankan oleh Lou Albano (The Super Mario Bros. Super Show!)
Bob Hoskins (Super Mario Bros.)

Mario (マリオ?) adalah karakter fiksi pada permainan video, diciptakan oleh desainer permainan video, Shigeru Miyamoto. Menjadi maskot Nintendo, Mario telah muncul pada lebih dari 200 permainan video sejak pembuatannya. Mario kini banyak muncul dalam berbagai jenis permainan video, seperti balapan, puzzle, permainan peran, fighting, olahraga, dan lainnya.

Mario digambarkan sebagai tukang ledeng Italia yang pendek dan gemuk di Kerajaan Jamur. Pada serial Mario, ia berkali-kali menghentikan rencana Bowser menculik Princess Peach dan menaklukan Kerajaan Jamur. Ia juga memiliki teman dan musuh lain.

Sebagai maskot Nintendo, Mario adalah salah satu karakter paling terkenal dalam sejarah permainan video,[1] dan Mario menjadi sinonim dengan permainan video. Permainan Mario telah terjual lebih dari 201 juta unit, menjadikan serial Mario sebagai serial permainan video paling banyak terjual.[2]

Konsep[sunting | sunting sumber]

Mario diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dalam usahanya untuk membuat permainan video yang laris untuk Nintendo, setelah permainan-permainan sebelumnya, seperti Sheriff, tidak berhasil meraih sekses. Awalnya, Miyamoto ingin membuat permainan video dengan menggunakan karakter Popeye, Bluto, dan Olive Oyl. Akan tetapi, dia tidak diijinkan menggunakan karakter-karakter tersebut, sehingga akhirnya dia membuat Jumpman (kemudian dikenal sebagai Mario), Donkey Kong, dan Pauline. Misi mario adalah menaklukkan Bowser yang menculik Princess Peach. Bowser juga ingin mengalahkan Mushroom Kingdom.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The History of Mario". Diakses 2008-08-23. 
  2. ^ "The Sims game sales top 100 million". CBC.ca. 2008-04-17. Diakses 2008-12-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]