Marianus IV dari Arborea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Marianus IV (1329[1] – 1376), disebut yang Agung, merupakan seorang Giudice Arborea dari tahun 1347 sampai kematiannya. Ia adalah, seperti namanya yang disebutkan, merupakan seorang Giudice Arborea yang terhebat. Ia adalah seorang legislator dan seorang prajurit yang pemerintahannya melihat dimulainya kodifikasi aturan hukum negara dan tak henti-hentinya berperang dengan Republik Pisa dan Kerajaan Aragon. Ia juga merupakan seorang yang religius, yang memiliki koneksi dengan Catherine dari Siena. Ia secara singkat adalah seorang "pembuat undang-undang yang bijak, politisi berbakat, dan prajurit yang gagah berani."[2]

Kehidupan di Catalunya[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan di Oristano, ia meruapakn putra Hugh II dan pewaris abangnya Peter III. Sebagai orang Katalan ia mengambil bagian besar dari kebudayaan tersebut, dan menghabiskan hampir seluruh hidupnya di Barcelona, dimana ia dididik di istana Alfonso IV dari Aragon. Ia berpartisipasi secara aktif di dalam koronasi Peter IV pada tahun 1336. Pada tahun 1336 di Barcelona, ia menikahi Timbor, putri Dalmatius IV dari Rocabertí dan Beatrice dari Serrallonga, istri Baron Cabrenys. Pada tahun 1339, ia diinvestasikan oleh Peter dengan kabupaten-kabupaten Bas (Spanyol), Goceano (Sardinia), dan Marmilla (Sardinia).

Pada tahun 1347, Doria memberontak dan mengalahkan Katalan di Aidu de Turdu, menguasai Bonorva. Hal ini memicu peperangan panjang di antara Aragon dan Genoa, namun awalnya Doria tidak bisa mengambil keuntungan dari kemenangan mereka. Pada tanggal 11 September 1349, ia kembali ke Oristano, dua tahun setelah menggantikan abangnya yang tak memiliki keturunan. Satu dari tindakannya adalah mempopulasikan kembali kota Goceano, membangun kembali kastil disana, dan menanam taman yang kemerah-merahan.

Perang dengan Aragon[sunting | sunting sumber]

Meskipun sebuah persekutuan telah berlaku dengan Aragon selama lebih dari 50 tahun pada saat aksesinya, Marianus menyadari bahwa tujuan politik Peter IV adalah tidak lebih daripada pencaplokan Sardinia dan, diikuti penguasaan Alghero pada tahun (1353), ia berpisah jalan dengan Katalan. Ia bersekutu dengan Genoa dan Doria, kemudian berperang dengan Aragon, dan membuat dirinya sendiri sebuah musuh dari Pisa dan Aragon.

Direktif pertama Marianus melawan Gerard Gherardeschi, orang Pisa yang setia kaki tangan Aragon. Ia menyerang Castel di Castro dari selatan namun dapat ditolak. Ia mulai mengepung sampai sekutu Doria-nya dapat menyerang dari utara. Mereka berhasil dan merebut Alghero. Pasukannya terbukti sukses di medan perang dan ia berhasil mengusir Aragon dari setiap benteng di pulau itu menyelamatkan benteng Castel di Castro. Ia bahkan diancam Sassari pada tahun 1354. Kemudian pada tahun itu, Peter IV mendarat di suatu pulau di Nulauro. Marianus segera memulai perang gerilya menyergap pasukan kerajaan sampai akhir tahun 1355, kedamaian singkat ditandatangani di Sanluri dimana Marianus menolak Alghero. Kedamaian itu berlangsung selama dua tahun, selama dimana Marianus memperkuat bala tentaranya dan ekonomi negara berkembang baik.

Pada tahun 1365, perang kembali dimulai dengan kekuatan penuh. Paus Urban V mengkonfirmasikan harta Arborea di seluruh pulau menyelamatkan Sassari, Alghero, dan Cagliari. Akan tetapi Peter IV mengirimkan sebuah armada yang dipimpin oleh Pere de Luna untuk memimpin sebuah pasukan Aragon jauh ke dalam Arborea, melewati benteng lain untuk menyerang Oristano. Sejumlah besar pasukan Aragon terkepung di antara pasukan Arborea yang dipimpin oleh Marianus dan putranya, calon Hugh III, dan diteruskan. Pada tahun 1368, Marianus akhirnya menguasai Sassari. Ia mempersiapkan kampanye lainnya ketika ia wafat pada tahun 1376.

Perundang-undangan[sunting | sunting sumber]

Selama dua tahun damai, Marianus mulai bekerja menulis hukum-hukum lisan dan kebiasaan-kebiasaan Arborea. Kepala pekerjaan perundang-undangan di dalam masa pemerintahannya adalah Codice Rurale, dimana putrinya Eleanor kemudian memasukkannya ke dalam Carta de Logu-nya besar. Namun kerja besarnya terpotong singkat karena kematiannya yang tiba-tiba yang disebabkan oleh wabah bubonik pada tahun 1376.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Dengan istrinya Tambor, Marianus memiliki 3 orang anak :

Timbor masih hidup pada tahun 1361, namun ini merupakan tahun terakhir ia didengar kabarnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Or perhaps 1317.
  2. ^ Nowé, 174.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Nowé, Laura Sannia. Dai "lumi" dalla patria Italiana: Cultura letteraria sarda. Mucchi Editore: Modena, 1996.
Didahului oleh:
Peter III
Giudice Arborea
1347–1376
Diteruskan oleh:
Hugh III