Marianum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Marianum adalah nama baik untuk sebuah universitas kepausan untuk penelitian Mariologi maupun untuk sebuah jurnal teologi Maria yang terkemuka.[1][2]. Universitas dan jurnal tersebut memiliki nama yang sama semenjak pembentukan mereka didasarkan atas karya Romo Gabriel Roschini yang mendirikan mereka.

Nama Marianum itu sendiri dapat ditelusuri hingga ke Paus Bonifasius IX yang pada tahun 1398 memberikan Ordo Pelayan Maria hak untuk menganugerahi gelar-gelar teologi. Sekolah ini ditutup pada tahun 1870 oleh Pemerintah Italia yang menang dalam perselisihan dengan gereja yang pada waktu itu pula mengambil alih beberapa Negara Kepausan, kota Roma dan banyak institusi kepausan lainnya. Sekolah ini buka kembali dengan nama Sant Alessio Falcioneri pada tahun 1895.[3]

Pada tahun 1939 Romo Gabriel Roschini menerbitkan jurnal Marianum dan memimpinnya selama tiga puluh tahun. Pada tahun 1950 ia mendirikan Fakultas Teologi Marianum yang pada tanggal 8 Desember 1955 menjadi sebuah fakultas kepausan berdasarkan dekrit Coelesti Honorandae Reginae dari Kongregasi Suci Seminari dan Universitas di bawah kekuasaan Paus Pius XII. Romo Roschini menjabat sebagai rektor sekolah tersebut. Sejak tahun 1971 institut kepausan ini telah terbuka bagi orang awam untuk masuk ke dalamnya.[4][5].

Institut Kepausan Marianum sekarang adalah sebuah institusi akademis ternama untuk penelitian Mariologi dan terletak di Viale 30 Aprile- 6, 00153, Roma, Italia. Di Marianum, seseorang bisa memperoleh gelar Strata Dua di bidang Mariologi (program akademis 2 tahun) dan seseorang juga bisa memperoleh gelar Doktoral di bidang Mariologi. Fasilitas sekolah ini antara lain adalah sebuah perpustakaan yang memiliki lebih dari 85.000 jilid tentang Mariologi dan sejumlah majalah dan jurnal yang berhubungan dengan teologi dan Mariologi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Gabriel Roschini

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mariology http://web.archive.org/20041216141829/msa62.tripod.com/id8.html
  2. ^ Mariology Society of America http://mariologicalsocietyofamerica.us
  3. ^ Annuario Pontificio 2005, p.1905
  4. ^ Centers of Marian Study http://www.servidimaria.org/en/attualita/promotori2/promotori2.htm
  5. ^ Publisher’s Notice in the Second Italian Edition (1986), reprinted in English Edition, Gabriel Roschini, O.S.M. (1989). The Virgin Mary in the Writings of Maria Valtorta (English Edition). Kolbe's Publication Inc. ISBN 2-920285-08-4