Maria dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Maria dari Bohemia (sekitar 1124 atau 11251160 atau 1172) merupakan putri tunggal Adipati Sobeslaus I, Adipati Bohemia, dan istrinya Adelaide dari Hongaria, cucu perempuan Géza I dari Hongaria. Maria merupakan Margravine dari Austria dan istri Adipati Bayern melalui pernikahan pertamanya dengan Leopold IV, Adipati Bayern, dan Margravine dari Baden dan Verona melalui pernikahan keduanya dengan Herman III, Margrave dari Baden.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Maria menikah dengan Leopold IV pada tanggal 28 September 1138, dari pernikahan tersebut Maria menjadi Margravine dari Austria. Mempelai wanita sedang beranjak ke usia remaja, sedangkan mempelai prianya telah berusia 30 tahunan. Setahun setelah pernikahan mereka, Dinasti Babenberg mendapat Wilayah Adipati Bayern sebagai feodal oleh Kaisar Conrad III. Pernikahan itu berlangsung selama 3 tahun, yang berakhir dengan kematian mendadak Leopold. Mereka tidak memiliki keturunan dan Wilayah Adipati Bayern diwariskan kepada saudara iparnya, Henry II.

Setahun kemudian, ia menikah lagi dengan Herman III, Margrave dari Baden, yang telah menjadi Margrave dari Baden sejak tahun 1130. Maria merupakan istri keduanya. Setelah suaminya mengambil Margravate Verona pada tahun 1151, ia menjadi Margravine di Verona.

Ia memiliki keturunan sebagai berikut dengan Hermann:

  • Gertrude (wafat sebelum 1225) yang menikah pada tahun 1180 dengan Graf Albrecht von Dagsburg (wafat 1211)
  • Otto meninggal 16 Januari 1160. Maria menghilang sejak itu meskipun ia kemungkinan masih hidup pada tahun 1172. Ia dimakamkan di Scheyern [1].

Silsilah[sunting | sunting sumber]