Maria Vittoria dari Savoia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Maria Vittoria dari Savoy
Puteri Carignan
Marchioness dari Susa
Vittoria Francesca of Savoy, illegitimate daughter of the Duke of Savoy by an unknown artist.jpg
Pasangan Victor Amadeus I, Pangeran Carignan
Anak
Louis Victor, Pangeran Carignan
Anna Teresa, Puteri Soubise
Nama lengkap
Maria Vittoria Francesca di Savoia
Wangsa Istana Savoy
Ayah Victor Amadeus II, Adipati Savoy
Ibu Jeanne Baptiste d'Albert de Luynes
Lahir 9 Februari 1690
Turin, Savoy
Meninggal 8 Juli 1766 (umur 76)
Paris, Perancis

Maria Vittoria dari Savoy (Maria Vittoria Francesca; lahir 9 Februari 1690 – meninggal 8 Juli 1766 pada umur 76 tahun) merupakan anak haram Victor Amadeus II dari Sardinia dan gundik kesayangannya Jeanne Baptiste d'Albert de Luynes, istri Joseph Ignace Scaglia yang diasingkan, Pangeran Verua. Ia adalah leluhur Victor Emmanuel II dari Italia dan juga seluruh anggota Keluarga Kerajaan Italia yang sekarang. Ia juga adalah keturunan dari Perancis.

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Maria Vittoria Francesca di Savoia adalah putri Victor Amadeus II, Adipati Savoy dan gundik kesayangannya Jeanne Baptiste d'Albert de Luynes. Lahir di Turin pada tanggal 9 Pebruari 1690, perselingkuhan orangtuanya dimulai pada awal tahun 1689 ketika ibunya Jeanne Baptiste menarik perhatian Adipati Savoy. Ibunya sebenarnya tidak bersedia menjadi gundik Adipati tersebut namun ia dibujuk oleh suaminya, ibu mertuanya dan bahkan istri Adipati Anne Marie d'Orléans.[1]

Orangtuanya saling mencintai dan pemerintahan ibunya Jeanne Baptiste di istana Savoyard telah dimulai; suami ibunya cemas apabila Jeanne Baptiste sebagai gundik Adipati itu dan segera mengambil hati Adipati tersebut. Kepopuleran ibunya membuatnya menjadi tidak populer di istana Savoyard dan di satu titik ia hampir diracuni dan Adipati Wanita Savoy yang membantu Jeanne Baptiste dengan penyakitnya dan membantunya pulih. Ayah Maria Vittoria menjadi terobsesi dengan Jeanne Baptiste; ia menutupinya selama beberapa waktu dari pandangan istana; Jeanne Baptiste memutuskan untuk melarikan diri dari Savoy pada tahun 1700 dan mengungsi di Perancis, yang dipimpin oleh Louis XIV.

Maria Vittoria memiliki seorang saudara Vittorio Francesco yang meninggal pada tahun 1762, usia 68 tahun tanpa keturunan. Ketika ibunya melarikan diri ke Savoy pada tahun 1700, Maria Vittoria dan saudaranya ditinggalkan di Savoy dan kemudian dirawat oleh seorang ayah yang baik. Ayahnya yang mengatur pernikahan Maria Vittoria dengan Pangeran Victor Amadeus dari Savoy, putra Pangeran Carignan. Pangeran-pangeran Carignan adalah anggota Istana Savoy-Carignan dan sebuah cabang kadet Istana Savoy. Mereka adalah tokoh terpenting di dalam Wilayah Adipati Savoy setelah keluarga wilayah adipati mereka sendiri.

Ayahnya membuatnya sah dan menjadikannya Marchesa di Susa.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Bertunangan dengan mendiang putra Pangeran Carignan dan Maria Angela Caterina d'Este pada pertengahan tahun 1714, ia menikah dengan Pangeran Victor Amadeus dari Savoy di Kastil Moncalieri pada tanggal 7 Nopember usia 23 tahun. Ayahnya memberi suaminya pendapatan tahunan sebesar 400,000 livres sebagian besar untuk menenangkan ikatan itu; ayahnya memanjakan Pangeran Victor Amadeus namun pada tahun 1717, suaminya terlibat banyak hutang dan kehilangan dukungan raja.[2]

Akibatnya suami Maria Vittoria melarikan diri ke Perancis pada bulan Juli 1718 selama Kepemimpinan Philippe d'Orléans; suaminya melakukan perjalanan sebagai Comte de Bosco dan tak lama kemudian Maria Vittoria mengikuti jejaknya; suaminya berencana untuk mendirikan sebuah rumah opera Italia dengan desainnya sendiri, hanya satu dari rencana besar yang membuat Vittorio terkenal di Paris. Ia melibatkan banyak suara-suara terbaik di Italia untuk proyek tersebut, namun malangnya usaha tersebut gulung tikar dalam 2 bulan. Sepertinya Paris belum siap untuk proyek besar seperti itu.

Masa tua[sunting | sunting sumber]

Suaminya meninggal di Hôtel de Soissons pada bulan April 1740 dalam lilitan banyak hutang; ia tinggal dengan tenang sebagai seorang janda namun tidak berhasil menikahkan putri tunggalnya Anna Teresa[3] dengan seorang duda yang bernama Charles de Rohan, Pangeran Soubise. Anna Teresa memiliki seorang anak; Victoire de Rohan merupakan seorang gubernur wanita Louis XVI putri Marie Thérèse dari Perancis.

Pada tahun 1763 Leopold Mozart menulis sepucuk surat bahwa "hari ini gadis kecilku diberikan sebuah kotak kecil transparan dilapisi dengan emas dari Puteri Carignan, dan Wolfgang sebuah kantong tempat menulis dari perak, dengan pena-pena perak yang bertuliskan komposisinya; benda itu begitu kecil dan cantik yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata".

Ia meninggal di Paris pada tanggal 8 Juli 1766 usia 76 tahun. Ia merupakan nenek paternal princesse de Lamballe, sahabat baik Marie Antoinette.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ daughter of Philippe de France (brother of Louis XIV) and Princess Henrietta of England
  2. ^ |Victor Amadeus II, Duke of Savoy had become King of Sicily in 1713 due to the Treaty of Utrecht ending the War of the Spanish Succession
  3. ^ known as Anne Thérèse in France

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Templat:Puteri-puteri Savoy melalu pernikahan Templat:Puteri Carignan