Leopold I dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leopold yang Mulia, Babenberger Stammbaum, Biara Klosterneuburg, sekitar tahun 1490

Leopold I (wafat 994), juga Luitpold atau Liutpold, disebut juga yang Mulia (der Erlauchte), merupakan seorang Margrave dari Austria dari Istana Babenberg.

Leopold juga merupakan seorang pangeran di dalam Bayern Donaugau pertama kali muncul di dalam dokumen dari tahun 960 sebagai Liupo, pengikut setia Kaisar Otto I. Keturunannya diperdebatkan, kemungkinan berafiliasi dengan keadipatian Luitpolding.

Setelah suatu pemberontakan yang dihasut oleh Adipati Henry sang Penengkar dari Bayern pada tahun 976 melawan Kaisar Otto II, Leopold ditunjuk sebagai sebagian besar otonom "Margrave di Timur", calon jantung wilayah Keadipatian Agung Austria, daripada Burkhard. Tempat tinggalnya kemungkinan di Pöchlarn, tapi mungkin telah di Melk, dimana para pewarisnya tinggal. Wilayah tersebut yang awalnya hanya bertepatan dengan modern Wachau, diperluas ke timur sejauh Wienerwald.

Ia tewas terbunuh di Würzburg, Franken oleh panah yang diarahkan kepada sepupunya Henry dari Schweinfurt.

Peringatan seribu tahun pengangkatannya sebagai margrave dirayakan sebagai "Seribu Tahun Austria" pada tahun 1976. Perayaan dengan gelar yang sama diadakan 20 tahun kemudian pada perayaan terkenal pada tahun 996 Ostarrîchi dokumen pertama yang menyebutkan nama Jerman Kuno Austria.

Meskipun ia tidak disebutkan di dalam Babenberger Chronicle yang ditulis oleh keturunannya Otto dari Freising (yang memulainya hanya dari cucu Leopold Adalbert) ia dikenal sebagai nenek moyang dari dinasti ini. Penuntut Otto dari Freising leluhur dari Franken Babenberger Kuno, yang diingat untuk pemberontakan Babenberger pada awal abad ke-10, belum terbukti, namun tidak dapat seluruhnya disingkirkan.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Leopold menikahi Richarda (Richwardis), yang kemungkinan berhubungan dengan Adalbero dari Eppenstein, calon Adipati Kärnten. Pernikahan tersebut menghasilkan keturunan sebagai berikut:

  • Henry I (wafat 1018), menggantikan ayahnya sebagai Margrave dari Austria
  • Judith
  • Ernest I (wafat 1015), Adipati Swabia
  • Adalbert (985–1055), menggantikan abangnya Henry I sebagai Margrave dari Austria
  • Poppo (986–1047), Uskup Agung Trier
  • Kunigunda
  • Hemma, menikah dengan Pangeran Rapoto dari Dießen
  • Christina


Didahului oleh:
Burkhard
Margrave dari Austria
976–994
Diteruskan oleh:
Henry I

Referensi[sunting | sunting sumber]