Margaret dari Snowdon (1930–2002)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Putri Margaret
Comtesse Snowdon
Princess Margaret.jpg
Pasangan Antony Armstrong-Jones
(menikah 1960, cerai 1978)
Anak
David Armstrong-Jones
Sarah Chatto
Nama lengkap
Margaret Rose
Wangsa Wangsa Windsor
Ayah George VI
Ibu Elizabeth Bowes-Lyon
Lahir 21 Agustus 1930
Kastil Glamis, Skotlandia
Meninggal 9 Februari 2002 (umur 71)
King Edward VII Hospital, London
Dikubur St George's Chapel, Windsor Castle

Putri Margaret, Comtesse Snowdon (Margaret Rose; lahir di Glamis, Angus, 21 Agustus 1930 – meninggal 9 Februari 2002 pada umur 71 tahun) merupakan adinda Ratu Elizabeth II dan putri Raja George VI dan permaisurinya Ratu Elizabeth.

Margaret menghabiskan sebagian besar masa mudanya di dalam naungan kakak tertua dan orangtuanya. Hidupnya berubah dengan drastis pada tahun 1936, ketika pamandanya, Raja Edward VIII, menikah dengan seorang janda dari Amerika Wallis Simpson. Ayah Margaret menjadi Raja menggantikan Edward, dan setelah itu saudarinya, Elizabeth, Margaret berada di urutan kedua takhta kerajaan.

Selama Perang Dunia II, kakak beradik tersebut tinggal di Istana Windsor, walaupun pemerintah mendesak mereka untuk mengungsi ke Kanada. Selama masa peperangan, Margaret tidak tampil di depan publik atau bekerja, sebaliknya ia melanjutkan pendidikannya. Setelah perang usai, ia jatuh cinta dengan seorang duda yang lebih tua darinya, seorang kapten grup Peter Wooldridge Townsend, ayahnya adalah seorang pelayan anggota kerajaan Inggris. Ayahnya meninggal pada waktu yang hampir bersamaan di mana, saudarinya Elizabeth menjadi Ratu. Banyak pejabat yang merasa kalau Townsend bukanlah suami yang tepat untuk adinda Ratu, dan Gereja Inggris menolak untuk meresmikan pernikahan tersebut. Di bawah tekanan stres, Margaret memilih untuk membatalkan rencananya, dan sebaliknya menerima lamaran dari seorang fotografer Antony Armstrong-Jones, yang telah diberikan gelar Bangsawan Snowdon oleh sang Ratu. Namun pernikahan tersebut tidak bahagia, dan perceraian antara pasangan itu terjadi pada tahun 1978.

Margaret kerap dipandang sebagai seorang kontroversial di dalam keluarga Kerajaan Inggris. Perceraiannya membuahkan pandangan negatif, dan ia juga dikabarkan memiliki hubungan asmara dengan beberapa pria lainnya. Kesehatannya menurun, menjadi seorang pecandu rokok selama hidupnya, menjalani operasi paru-paru pada tahun 1985, terjangkit radang paru-paru pada tahun 1993, dan paling sedikit 3 kali terkena stroke antara tahun 1998 dan 2001. Ia meninggal di Rumah Sakit King Edward VII, London, pada tanggal 9 Februari 2002. Setelah upacara pemakaman tertutup, jenazahnya lalu dikremasikan. Dua bulan kemudian, setelah ibundanya meninggal, abu jenazah Margaret dimakamkan di sisi makam orangtuanya di George VI Chapel di Istana Windsor.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]