Marcus Schenkenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Marcus Lodewijk Schenkenberg van Mierop (lebih populer sebagai Marcus Schenkenberg; lahir di Solna, Stockholm, 4 Agustus 1968; umur 46 tahun) adalah model asal Swedia. Ia disebut-sebut sebagai supermodel pria pertama karena bayarannya yang sejajar dengan supermodel wanita.

Dua bersaudara, Marcus dan Michael, lahir dan besar di Stockholm dari pasangan imigran Belanda. Ayahnya, Robert, adalah keturunan Belanda-Indonesia[1] sedangkan ibunya, Yvonne, asli Belanda. Semasa sekolah, ia aktif bermain bola basket dan disarankan pelatihnya untuk melakukan training di fitness-center. Kebiasaan inilah yang kelak membuka pintu karier di dunia model.

Seusai menamatkan sekolah menengahnya ia pergi ke Amerika Serikat (California) pada tahun 1987 untuk mengadu nasib bersama teman dekatnya dan mencari pengalaman. Ia pernah bercita-cita menjadi pemain basket NBA atau menjadi pilot pesawat tempur. Namun ternyata selama dua tahun pertama ia hidup serabutan: pernah sebagai penjaga anjing dan juga pengasuh anak.

Hingga sekarang Marcus menetap di AS, tepatnya di New York.

Karier[sunting | sunting sumber]

Kariernya pertama adalah sebagai fotomodel, setelah ia diminta oleh fotografer Barry King untuk menjadi model fotonya, di saat ia sedang ber-rollerskater di Venice Beach. Segera kemudian ia banyak mendapat tawaran di berbagai agen model. Namanya melambung setelah tampil sexy dalam seri foto iklan dari Bruce Weber untuk Calvin Klein (1991). Sejak saat itu ia menjadi model pria termahal. Selain sebagai model foto, Marcus juga model untuk panggung (catwalk) meskipun posturnya sangat tinggi (sekitar 193cm). Dalam penampilannya ia seringkali diminta tampil dengan tubuh terbuka karena posturnya dianggap ideal.

Dalam perkembangan kariernya ia juga bermain di beberapa film: "Prince Valiant" (1997), "Hostage" (1999, peran utama), dan sejumlah program televisi dan sebagai komentator sepak bola. Pernah pula ia merilis satu singel yang tidak sukses, "La Chica Marita". Ia juga telah menulis sebuah buku semi-autobiografi, Marcus Schenkenberg, New Rules (1997).

Marcus adalah anggota aktif organisasi pecinta binatang PETA.

Akibat pekerjaannya pula ia sekarang menguasai banyak bahasa: bahasa Swedia, Belanda, Inggris, Italia, Perancis, dan Jerman.

Ia masih melajang hingga sekarang, meskipun pernah berhubungan singkat dengan beberapa orang, termasuk Pamela Anderson.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert L. Schenkenberg van Mierop lahir di Soerabaja (1940- ) sewaktu Perang Dunia II, lalu kuliah dan menjadi arsitek serta pengajar di Swedia. Kakeknya, Lodewijk H. Schenkenberg van Mierop (1900-1960), adalah seorang arsitek dan insinyur sipil kelahiran Jogjakarta yang menikah dengan Johanna L. Thies (1907-1997), seorang Indo kelahiran Soerabaja. Keluarga ini kemudian pindah ke Belanda setelah konflik Indonesia-Belanda dan menetap di Den Haag.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]