Marching Band Bontang PKT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Marching Band Bontang PKT
LOGO MBPKT.jpg
Didirikan 1987
Pemilik PT. Pupuk Kalimantan Timur
Penanggung Jawab Direktur Utama Pupuk Kaltim
Pelatih Utama Rene Conway
Jumlah personel > 130 orang
Lokasi Gedung Olah Raga PT. PUPUK KALTIM, Bontang, Kalimantan Timur, Indonesia

Marching Band Bontang PKT (sebelumnya: Marching Band Yayasan Pupuk Kaltim) merupakan grup marching band yang berasal dari kota Bontang provinsi Kalimantan Timur dibawah naungan PT. Pupuk Kalimantan Timur. Grup ini lebih akrab dikenal dengan singkatan MB-PKT dan populer karena keberhasilannya meraih 10 kali juara umum dalam kejuaraan marching band tingkat nasional (GPMB), beberapa diantaranya secara berturut-turut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salah satu penampilan MB-PKT

Pada awal dibentuknya tahun 1987, grup marching band ini bernama Marching Band Yayasan Pupuk Kaltim dan berada di bawah naungan Yayasan Pupuk Kaltim. Tujuan pembentukan grup musik ini adalah untuk menyediakan sarana kegiatan ekstrakurikuler yang positif bagi siswa-siswi SMP dan SMA Yayasan Pupuk Kaltim. Pada awalnya, marching band ini dilatih oleh para anggota korps musik (korsik) departemen Kamtib PT. Pupuk Kaltim. Pengembangan sistem kepelatihan dimulai saat diundangnya Didiet Maruto, seorang pemain trumpet profesional dari jakarta, untuk membenahi dan meningkatkan kualitas musik dan penampilan agar dapat tampil pada perayaan HUT PT. Pupuk Kaltim tahun 1989 di jakarta secara optimal.

Sukses dalam penampilan tersebut membuat direktur utama PT. Pupuk Kaltim saat itu, Ir. Kotan Pasaman, memberikan dukungan penuh untuk menyediakan fasilitas, dana, dan mengikutsertakan grup marching band ini pada kejuaraan nasional GPMB di jakarta tahun 1990 dengan membawa nama PT. Pupuk Kalimantan Timur. Sejak itulah nama grup musik ini berubah menjadi Marching Band Pupuk Kaltim, dari semula adalah kegiatan yang terbatas sebagai ekstrakurikuler sekolah menjadi wadah olah raga dan musik siswa siswi serta karyawan dan karyawati PT. Pupuk Kalimantan Timur. Sistem organisasi dan kepelatihan pun dikembangkan lebih jauh untuk meningkatkan kualitas permainan dalam setiap penampilannya dengan mendatangkan pelatih professional saat itu, Kirnadi, dan beberapa pelatih tamu lain.

Perombakan organisasi dan kepelatihan secara besar-besaran dan sistematis dilakukan dengan didatangkannya dua pelatih asing Andy Dougharty dan Rene Conway sebagai pelatih tetap. Begitu pula halnya dengan sistem regenerasi, kesulitan dalam proses kaderisasi anggota yang semula mengandalkan dari putra putri dan karyawan serta karyawati PT. Pupuk Kaltim membuat grup ini akhirnya mulai membuka diri menerima keanggotaan dari masyarakat sekitar. Pemberdayaan masyarakat umum dalam MB-PKT mendapat respon positif dari pemerintah daerah, terlebih kenyataan bahwa nama kota Bontang menjadi lebih dikenal secara luas salah satunya karena popularitas MB-PKT membuat pemerintah daerah akhirnya mengusulkan perubahan nama dan pada tahun 2002, nama Marching Band Pupuk Kaltim diadaptasikan menjadi Marching Band Bontang PKT.

Kejuaraan Nasional[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1990 Marching Band Bontang PKT aktif ikut serta dalam kejuaraan nasional GPMB di jakarta, dan pada 1994 menjadi satu-satunya grup marching band luar daerah yang berhasil merebut gelar juara umum nasional yang sebelumnya menjadi mitos hanya milik grup-grup marching band dari jakarta. Prestasi tersebut berhasil dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya sebagai juara bertahan. Hingga tahun 2011 Marching Band Bontang PKT telah mencapai sepuluh kali juara umum. Kesuksesan tersebut membuat Marching Band Bontang PKT menjadi panutan dan trendsetter grup-grup marching band secara umum di Indonesia.

Penghargaan Internasional[sunting | sunting sumber]

Penghargaan yang diberikan oleh organisasi internasional kepada Marching Band Bontang PKT antara lain:

  1. Sudler Shield Award, Tahun 1998 Marching Band Bontang PKT menerima penghargaan Sudler Shield Award dari World Association of Marching Show Bands (WAMSB).
  2. Band of the Year 2001, Tahun 2001 Marching Band Bontang PKT kembali menerima penghargaan Band of the Year 2001 dari World Association of Marching Show Bands (WAMSB).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]