Marching Band Bahana Cendana Kartika Junior Duri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Marching Band Bahana Cendana Kartika Junior Duri
PemilikYayasan Pendidikan Cendana Duri & PT. Chevron Pacific Indonesia
LokasiSD Cendana Duri, Kompleks Krakatau, PT. Chevron Pacific Indonesia, Duri, Mandau, Bengkalis, Riau, Indonesia

Marching Band Bahana Cendana Kartika Junior Duri merupakan unit semi-marching band atau drum band yang berasal dari kota Duri, Mandau, Bengkalis provinsi Riau dibawah naungan YPC Duri dan PT. Chevron Pacific Indonesia. MB BCK Junior Duri ini adalah "adik" dari Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri dan MB BCK Rumbai (atau kini dikenal sebagai MB BCK Riau). MB BCK Junior Duri beranggotakan siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD) Cendana Duri. Perbedaan mendasar dari MB BCK Junior Duri dengan unit seniornya, adalah penggunaan pianika (melodika) sebagai pengganti marching brass atau instrumen musik tiup marching band. MB BCK Junior Duri berlokasi di lingkungan Sekolah Cendana, seperti MB BCK Duri dan MB BCK Rumbai (Riau).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum kemunculan MB BCK Duri (senior), pada tahun 90-an terbentuk unit musik SD Cendana yang terdiri dari siswa-siswi yang dipilih oleh guru mata pelajaran seni musik. Unit musik tersebut terdiri dari pemain pianika dan recorder, dan lambat laun semakin berkembang dengan tambahan berbagai macam instrumen musik perkusi . Pada awalnya, unit musik ini bertugas untuk mengiringi prosesi upacara bendera dan perhelatan yang diadakan pemerintah daerah dan perusahaan. Namun karena potensi dan antusiasme anggota yang luar biasa serta didukung penuh oleh pengajar dan yayasan, unit musik ini berkembang menjadi Drum Band BCK Duri, yang kini menjadi cikal bakal MB BCK Junior Duri. Alumni MB BCK Junior Duri dapat bergabung di MB BCK Duri, jika mereka melanjutkan pendidikan ke SMP dan SMA Cendana Duri.

Prestasi MB BCK Junior Duri[sunting | sunting sumber]

  • 1999: Peringkat 2 Bandung Open Marching Band (BOMB)
  • 2013: Riau Open Marching Competition (ROMC) Pekanbaru, Junior Division

- Peringkat 1 Front Assembly - Peringkat 1 Field Music - Peringkat 1 Color Guard - Peringkat 2 Duet Horn - Peringkat 2 General Effect - Peringkat 2 Field Percussion - Peringkat 2 Music - Peringkat 2 Visual - Peringkat 2 Display - Peringkat 2 Parade - Peringkat 1 Drum Battle

  • 2014: Juara Umum Riau Open Marching Competition II (ROMC II) Pekanbaru, Junior Division

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]