Mansour bin Zayed Al Nahyan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

HH Sheikh Mansour bin Zayed bin Sultan Al Nahyan adalah politisi Uni Emirat Arab dan anggota keluarga penguasa Abu Dhabi. Dia adalah saudara tiri Presiden UEA saat ini, Emir Abu Dhabi, Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Dia adalah anggota dari Dewan Perminyakan Agung, (Supreme Petroleum Council) dan duduk sebagai dewan di beberapa perusahaan investasi, termasuk International Petroleum Investment Company dan Abu Dhabi Investment Council. Mansour juga memiliki saham di sejumlah usaha bisnis, seperti Virgin Galactic dan Sky News Saudi. Dia juga pemilik klub sepak bola Manchester City di Inggris

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Lahir tahun 1970 di emirat Abu Dhabi, putra kelima dari Emir Abu Dhabi Zayed II dan istrinya Fatima. Pada tahun 1993, ia menerima gelar sarjana dalam ilmu politik di Amerika Serikat..

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1997, Mansour bin Zayed ditunjuk sebagai Kepala Kantor Kepresidenan, pada saat itu ayahnya Zayed II (Zayed bin Sultan Al Nahyan) adalah Presiden Pertama UEA. Setelah kematian ayahnya, ia diangkat oleh saudara tiri tertua nya, Khalifa II, sebagai Menteri Utama. Dia juga menjabat di sejumlah posisi di Abu Dhabi untuk mendukung kakaknya, Putra Mahkota Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]