Mandar batu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Mandar batu
Common Moorhen (Gallinula chloropus) in a Nelumbo nucifera (Indian Lotus) pond W IMG 8779.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Gruiformes
Famili: Rallidae
Genus: Gallinula
Spesies: G. chloropus
Nama binomial
Gallinula chloropus
(Linnaeus, 1758)
Subspecies

Sekitar 12

Sinonim

Gallinula brodkorbi McCoy, 1963
Gallinula galeata

Mandar batu (bahasa Latin = Gallinula chloropus) adalah spesies burung dari keluarga Rallidae, dari genus Gallinula. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga air, binatang kecil, pucuk tanaman muda yang memiliki habitat di danau, kolam, parit, sawah, tambak payau, tersebar sampai ketinggian 1.200 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Mandar batu memiliki tubuh berukuran sedang (31 cm). Warna hitam dan putih. Paruh pendek, ada perisai merah terang pada dahi. Bulu seluruhnya hitam suram. Ada coretan garis putih pada sepanjang sisi dan dua bercak putih pada bagian bawah ekor. Iris merah, paruh hijau buram dan pangkal merah, kaki hijau. Kebanyakan hidup di air, berenang perlahan-lahan. Mematuk-matuk serangga dan permukaan tumbuhan. Sering menjetikkan ekor ketika di darat maupun di air. Dapat berlari di atas air. Dapat menyelam di bawah air untuk waktu lama.

Sarang dari tumpukan rumput diatas air atau vegetasi mengambang. Telur berwarna kuning pucat berbintik coklat keunguan, jumlah 4-6 butir. Berbiak bulan November-Juli.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]