Manasye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yakub memberkati anak-anak Yusuf lukisan Rembrandt, 1656. dari Kitab Kejadian pasal 48.

Manasye (bahasa Ibrani: מְנַשֶּׁה Mənasse, Mənasseh; Ibrani Samaritan: Manaṯ, "pelupa"; bahasa Inggris: Manasseh; Manashe)) adalah anak sulung Yusuf dan istrinya Asnat. Juga adalah cucu Yakub. Kelak keturunannya menjadi suku Manasye, salah satu dari 12 suku Israel yang mendapatkan warisan tanah.[1] Manasye lahir di Mesir, sebelum Yakub dan keluarganya pindah ke Mesir dari Kanaan[2].

Diadopsi oleh Yakub[sunting | sunting sumber]

Yakub mengadopsi kedua anak Yusuf, Manasye and Efraim, untuk mendapatkan bagian warisan setara dengan anak-anak Yakub yang lain, sebagai tanda bahwa Yakub memberikan dua bagian tanah kepada Yusuf, sebagaimana hak kesulungan, yang seharusnya dimiliki oleh Ruben tetapi dicabut oleh Yakub.[3]. Yakub memberkati Efraim lebih dari Manasye, yang digenapi dengan bangkitnya suku Efraim menjadi lebih terkemuka dibandingkan suku Manasye.[4] Namun, suku Manasye mendapatkan 2 bidang tanah (sebagai anak sulung Yusuf), dibandingkan dengan suku Efraim yang mendapat hanya satu bidang tanah di Kanaan.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Keturunan Manasye ialah Asriel yang dilahirkan oleh gundiknya, perempuan Aram itu; perempuan ini melahirkan Makhir, bapa Gilead [5]. Suku Manasye mendapatkan dua bidang tanah dalam pembagian tanah pusaka, yaitu satu di sebelah timur sungai Yordan,[6][7] dan satunya di sebelah barat sungai Yordan.[8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]