Manason

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Manason (Yunani: μνασωνι τινι κυπριω) adalah seorang penganut Kekristenan asal Siprus pada abad ke-1, yang disebutkan dalam pasal 21 dari Kisah Para Rasul yang memberikan penyantunan kepada Lukas Penginjil, Paulus Rasul dan para pengikut mereka, saat mereka pergi dari Kaisarea menuju Yerusalem. Ayat yang menyebut Manason (Kis 21:16) menimbulkan perdebatan soal apakah Manason mengikuti para penjelajah tersebut dalam perjalanan mereka atau hanya menyediakan penginapan, dan apakah rumahnya berada di Yerusalem atau di sebuah desa di tengah jalan menuju Yerusalem. Meskipun hanya disebutkan dalam satu ayat, banyak umat Kristen dapat memetik pelajaran dari contoh Manason soal ketekunan dalam iman Kristen dan sikap penyantunan.

Rujukan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Dalam Kis 21:16, Manason tercatat memberikan penginapan kepada Paulus dan "Beberapa saudara dari Kaisarea", dimana mereka melakukan perjalanan sambil membawa barang-barang untuk gereja di Yerusalem pada akhir perjalanan misionaris ketiga Paulus pada 57 Masehi. Lokasi rumah Manason tak dijelaskan dalam teks tersebut, dan apakah rumah tersebut berada di Yerusalem atau di sebuah desa dalam rute menuju kota tersebut (perjalanan itu sendiri berjarak antara 60 dan 70 mil, sehingga membutuhkan waktu setidaknya dua hari).[1]

Penafsiran[sunting | sunting sumber]

Latar[sunting | sunting sumber]

Tak ada sumber kontemporer lain yang memberikan penjelasan biografi tentang Manason, sehingga sangat sedikit yang diketahui tentangnya. Ia adalah seorang Yahudi Helenistik asal Siprus, seperti rasul Barnabas. Namanya memiliki arti "mengingat"[2] dan merupakan sebuah nama Yunani umum pada masa itu.[1] Nama tersebut muncul dalam Corpus Inscriptionum Graecarum sebagai sebuah nama pribadi sebanyak 30 kali.[3] Nama tersebut adalah sebuah ragam dari "Yason".[2] Dalam Kodeks Sinaiticus, namanya ditulis menjadi "Yason".[3] F. F. Bruce memberikan kemungkinan alternatif, bahwa namanya adalah bentuk Helenisasi dari nama Ibrani "Manasye", namun menyatakan bahwa nama tersebut lebih seperti merupakan sebuah nama Yunani.[4]

Manason dideskripsikan sebagai "murid lama" atau "awal" (Yunani: ἀρχαίῳ μαθητῇ), meskipun soal sejak kapan ia telah menjadi orang percaya tak disebutkan dalam teks tersebut, dan menjadi subyek beberapa diskusi . J. J. Hughes menyatakan bahwa ia telah menjadi orang percaya sejak Roh Kudus turun pada hari Pentakosta, seperti yang dikisahkan dalam Kis 2:1–31, dan kemudian menjadi anggota pendiri gereja di Yerusalem.[5] Ia juga diduga merupakan salah satu dari tujuh puluh murid yang diutus oleh Yesus dalam Injil Lukas dan ia juga disebutkan sebagai salah satu dari mereka dalam Kitab Lebah dari abad ke-13.[6][7] Ia juga mungkin bertobat saat pelayanan Barnabas dan Paulus saat mereka datang ke Siprus, seperti yang dikisahkan dalam Kis 13.[6]

Friedrich Blass dan George Salmon memberikan kemungkinan tambahan, berdasarkan pada teks Kodeks Bezae dari abad kelima, yang secara jelas menyebut rumah Manason berada di sebuah desa di tengah jalan menuju Yerusalem alih-alih di kota itu sendiri.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Walls, A. F. (1996). "Mnason". Dalam I. H. Marshall; et al. New Bible Dictionary (edisi ke-3rd). InterVarsity Press. hlm. 775. ISBN 9780851106595. 
  2. ^ a b Butler, Trent C., ed. (1991). "Entry for 'Mnason'". Holman Bible Dictionary. 
  3. ^ a b Hastings, James. "Mnason". Hastings' Dictionary of the New Testament. Diakses tanggal 20 August 2013. 
  4. ^ Bruce, F.F. (1990). The Acts of the Apostles: The Greek Text with Introduction and Commentary. Wm. B. Eerdmans. hlm. 443. ISBN 9780802809667. 
  5. ^ Hughes, J. J. "Entry for 'Mnason'". Dalam Geoffrey W. Bromiley. The International Standard Bible Encyclopedia. Wm. B. Eerdmans. hlm. 388. ISBN 9780802837851. 
  6. ^ a b Henry, Matthew (October 1708). "Commentary on the Whole Bible Volume VI (Acts to Revelation)". Christian Classics Ethereal Library. Diakses tanggal 20 August 2013. 
  7. ^ Earnest A. Wallis Budge, ed. (1886). "Chapter XLIX - The Names of the Apostles in Order". The Book of the Bee (English translation). The Clarendon Press. 
  8. ^ Salmon, G (1895). "Blass's Commentary on the Acts". Hermathena. 9 (21): 239–240. JSTOR 23036610. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BruceNICNT" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Couch" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Knott" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Lenski" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "MaclarenSermon" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Marshall" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NIVAC" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.