Manajer Sepakbola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Manajer Sepakbola
Didirikan 2004
Wilayah Seluruh dunia
Pemilik GameBasics
Karyawan 15+
Situs web Manajersepakbola.com
Pendaftaran Diperlukan (untuk bermain dan mengelola tim sepak bola favorit)
Bahasa Multibahasa, termasuk bahasa Inggris, Indonesia, Denmark, Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Hungaria, Belanda, Polandia, Portugal, Brazil, Romania, Serbia, Swedia, Turki, Rusia dan Arab.

Manajer Sepakbola (dikenal juga dengan nama Online Soccer Manager) adalah permainan manajemen sepak bola berbasis penjelajah web yang dikembangkan oleh GameBasics. Di dalam permainan ini, pengguna dapat menjadi manajer dari tim sepak bola favorit. Pengguna tidak hanya akan berhadapan dengan komputer, tetapi pengguna juga akan berhadapan langsung dengan manajer lain dari seluruh dunia di dalam sebuah kejuaraan yang menggunakan sistem liga yang juga dilengkapi dengan pertandingan piala yang menggunakan sistem gugur. Saat ini terdapat 124 liga yang dapat dimainkan, terdiri dari 96 liga utama di seluruh dunia dan juga liga-liga lainnya. Manajer Sepakbola mempunyai pengguna dasar yang sangat aktif, terdiri dari lebih 500.000 pecinta sepak bola yang mengelola tim sepak bola favorit mereka setiap harinya. Manajer Sepakbola dapat dimainkan secara gratis maupun secara eksklusif dengan menjadi pemegang tiket terusan yang dapat dibeli di dalam permainan. Manajer Sepakbola juga dapat diakses melalui Facebook, Windows Live, Twitter, Google, Yahoo dan OpenID.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Di dalam permainan ini, pengguna mengelola sebuah tim untuk mencapai sebuah target yang telah ditetapkan oleh dewan direktur maupun untuk memenangkan kejuaraan demi kejuaraan. Selama proses tersebut, pengguna akan terlibat di dalam kegiatan sehari-hari sebuah tim, layaknya di dunia nyata (seperti menentukan pemain mana yang akan dimainkan, menyusun strategi, membeli dan menjual pemain, mencari pemain berbakat, mendekati sponsor, mengembangkan stadion dan merekrut staf). Semua pertandingan menggunakan sistem liga, dan simulasi pertandingannya dilangsungkan sehari sekali. Pada akhir musim, semua tim akan dikembalikan ke pengaturan awal. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Manajer Sepakbola menggunakan konsep satu musim saja.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Versi Komputer[sunting | sunting sumber]

Versi 1.0

Pada tahun 2001, Manajer Sepakbola diluncurkan untuk pertama kalinya dengan menggunakan latar belakang berwarna hijau dan pertandingan pertama dilangsungkan di Belanda. Setelah dua tahun berlalu (2003), situs baru dengan latar belakang berwarna biru diluncurkan untuk pertama kalinya dan Manajer Sepakbola mulai berkembang pesat di Belanda. Pada tahun 2004, GameBasics didirikan dengan tujuan untuk memperkenalkan produk-produk mereka (termasuk Manajer Sepakbola) keseluruh dunia, yang berujung pada keluarnya Manajer Sepakbola versi internasional.

Versi 2.0

Sepuluh tahun setelah diluncurkannya versi 1.0, GameBasics mulai mengembangkan Manajer Sepakbola versi baru, dan secara resmi merilis Manajer Sepakbola versi 2.0 pada tanggal 17 Juli 2011. Hal ini didorong oleh fakta bahwa versi 1.0 sudah mulai tertinggal dalam hal teknologi, yang berdampak pada penurunan kemampuan (dalam hal kecepatan) GameBasics untuk mengeluarkan pembaharuan terbaru.

Dengan versi 2.0, GameBasics telah berhasil membangun ulang Manajer Sepakbola dan memperkenalkan 73 fitur baru kedalam permainan. Fitur-fitur baru tersebut meliputi kemampuan manajer untuk beralih dari akun utama mereka ke sub-akun mereka tanpa perlu keluar dari sistem terlebih dahulu, peningkatan sistem pemilihan tim, dan grafis yang baru. Manajer Sepakbola versi 2.0 membuat GameBasics dapat mengeluarkan pembaharuan terbaru lebih sering, yang tidak dapat dilakukan di Manajer Sepakbola versi 1.0. Sampai pada tanggal 12 November 2011, versi terbaru Manajer Sepakbola versi 2.0 adalah build 7.

Versi Ponsel[sunting | sunting sumber]

Versi 1.0

Selain versi komputer, GameBasics juga mengembangkan Manajer Sepakbola versi ponsel, yang dikenal dengan nama MS Mini. MS Mini diluncurkan untuk pertama kalinya pada tanggal 12 Juli 2007, yang membuat para manajer dapat mengakses fitur-fitur utama Manajer Sepakbola (seperti mengelola tim, mengirim pesan kepada manajer lainnya) melalui ponsel mereka. Dengan dirilis dan semakin populernya ponsel canggih seperti iPhone, Android dan Blackberry, GameBasics juga mengembangkan dan merilis aplikasi Manajer Sepakbola untuk ponsel iPhone dan Android.

Versi 2.0

Seperti halnya versi 1.0 dari versi komputer, program dasar dari MS Mini tidak berubah setelah peluncuran pertamanya. Hal ini berdampak pada munculnya berbagai kesalahan program, terutama di dalam aplikasi iPhone dan Android. GameBasics kemudian mengembangkan versi ponsel yang baru yang cocok dengan semua jenis ponsel, bertepatan dengan dirilisnya Manajer Sepakbola versi 2.0. MS Mobile mempertahankan semua fungsi utama yang ada di dalam MS Mini, tetapi MS Mobile dibuat dari dasar untuk mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan memudahkan GameBasics dalam melakukan pembaharuan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]