Man Mohan Adhikari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Krishna Prasad Bhattarai (bahasa Nepali: मन मोहन अधिकारी; lahir di Kathmandu, Nepal, 20 Juni 1920 – meninggal di Kathmandu, Nepal, 26 April 1999 pada umur 78 tahun) adalah Perdana Menteri Nepal dari tahun 1994 ke 1995, mewakili Partai Komunis Nepal (Marxist-Leninis Terpadu). Dia adalah salah satu anggota Partai Komunis menjadi Perdana Menteri di Nepal.

Lahir di Lazimpat, Kathmandu, Nepal, dia menghabiskan masa kecilnya di Biratnagar. Dia dikirim ke Varanasi untuk belajar pada tahun 1938. Sementara belajar untuk B.Sc. pada tahun 1942, Man Mohan mengambil bagian dalam gerakan India Keluar dan dia ditangkap oleh pemerintah kolonial Britania dan dimasukkan ke penjara bersama dengan politisi lain.

Selama tinggal di India, Man ​​Mohan menjadi terlibat dalam gerakan komunis, bergabung dengan Partai Komunis India. Dia kembali ke Nepal, di mana dia menjadi pemimpin serikat dagang di Biratnagar. Dia mengambil bagian dalam pendirian Partai Komunis Nepal pada tahun 1949.

Selama Perang Pembebasan Bangladesh, Adhikari menegaskan bahwa perang itu merupakan agresi India terhadap Pakistan.[1]

Setelah kematiannya, Madhav Kumar Nepal menggantikannya sebagai pemimpin partai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parajulee, Ramjee P.. The Democratic Transition in Nepal. Rowman & Littlefield, 2000. p. 57
  • "Obituary of Man Mohan Adhikari Communist Prime Minister of Nepal". The Daily Telegraph (Telegraph Group Limited). 27 April 1999. 
  • "COMMUNIST VOTED PM". Herald Sun (News Limited.). 6 Mei 1999. 
Jabatan politik
Didahului oleh:
Girija Prasad Koirala
Perdana Menteri Nepal
1994 – 1995
Diteruskan oleh:
Sher Bahadur Deuba