Malietoa Tanumafili II dari Samoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yang Mulia Malietoa Tanumafili II GCMG DCNZM CBE (4 Januari 1913Apia, 11 Mei 2007) (juga dipanggil Susuga) adalah kepala negara (O le Ao o le Malo) Samoa dari tahun 1962 hingga 2007. Ia adalah salah seorang keturunan dari empat keluarga bangsawan Samoa (Aiga Tupu) dan memegang gelar Malietoa, salah satu gelar kepala suku tertinggi.

Lahir pada tahun 1913 sebagai anak ketiga dalam keluarganya, ia menjadi Malietoa pada tahun 1940 setelah ayahnya, Malietoa Tanumafili I, wafat pada tahun 1939. Ia mengenyam pendidikan di Samoa dan Selandia Baru dan aktif dalam kegiatan olahraga pada masa mudanya. Setelah Samoa merdeka pada tahun 1962, ia menjadi kepala negara bersama dengan Tupua Tamasese Mea'ole. Saat Mea'ole meninggal dunia setahun kemudian, Tanumafili II menjadi satu-satunya kepala negara Samoa. Dalam kapasitasnya sebagai kepala negara, Tanumafili sering mengadakan kunjungan ke berbagai negara di dunia.

Tanumafili II adalah pengikut kepercayaan Bahá'í. Ia adalah anggota kerajaan kedua yang merupakan pengikut kepercayaan ini (yang pertama adalah Ratu Marie dari Rumania). Saat meninggal dunia, ia meninggalkan empat orang anak: Su'a Vainuupo, Faamausili Moli, Lola Tosi dan Momoe. Istrinya, Lili Tunu, wafat pada tahun 1986.

Gelar[sunting | sunting sumber]