Maleficent (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maleficent
Logo film
SutradaraRobert Stromberg
ProduserJoe Roth
SkenarioLinda Woolverton
Berdasarkan
La Belle au bois dormant oleh Charles Perrault
Little Briar Rose oleh The Brothers Grimm
PemeranAngelina Jolie
Brenton Thwaites
Sharlto Copley
Elle Fanning
Sam Riley
Imelda Staunton
Juno Temple
Lesley Manville
NaratorJanet McTeer
Penata musikJames Newton Howard
SinematograferDean Semler
PenyuntingChris Lebenzon
Richard Pearson
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 28 Mei 2014 (2014-05-28) (Britania Raya)
  • 30 Mei 2014 (2014-05-30) (Amerika Serikat)
  • 4 Juni 2014 (2014-06-04) (Indonesia)
Durasi97 menit[1]
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$180 juta[2]
Pendapatan
kotor
$244,348,000[3]

Maleficent (/məˈlɛfɪsənt/) adalah film fantasi gelap yang disutradarai oleh Robert Stromberg dan skenario yang ditulis oleh Linda Woolverton[4] yang dibintangi oleh Angelina Jolie[5] sebagai Maleficent.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dahulu kala, ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Raja bernama Henry, raja yang sangat serakah dan sombong. Beliau selalu iri dengan kekayaan dan kekuatan kerajaan lain dan selalu berusaha merebutnya. Di kerajaan lain bernama Moors, negeri alam peri, yaitu tempat para peri hidup dan tinggal. Moors tidak butuh konsep raja ataupun ratu, tetapi mereka saling percaya satu sama lain. Ada seorang gadis cantik di Moors bernama Maleficent. Maleficent (Ella Purnell) adalah peri wanita sejenis Dark Fey yang sangat baik hati, cantik, dan ramah. Dark Fey adalah ras peri berketurunan Phoenix yang memiliki tanduk, sayap besar dan kesaktian yang kuat. Saat terbang, Maleficent kecil mendengar keributan yang dibicarakan oleh beberapa peri, diantaranya adalah 3 peri kecil bernama Knotgrass, Thistlewitt, dan Flittle. Maleficent bertanya apa yang mereka bicarakan. Akhirnya, Thistlewitt menjelaskan bahwa ada seorang manusia di dekat Kolam Permata. Akhirnya, Maleficent terbang dengan cepat dan bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Stefan (Micheal Higgins). Stefan tertangkap oleh warga Moors karena mencuri sebuah permata, tetapi Maleficent kecil menyelamatkannya dan membujuk Stefan mengembalikan permata itu, akhirnya Stefan mengembalikannya. Stefan yang hanya seorang yatim piatu, miskin, ia rela membuang cincinnya hanya karena Maleficent tidak mampu menyentuh besi. Mereka pun bersahabat, dan akhirnya menjadi sering bertemu. Sehingga, lambat laun, persahabatan mereka berubah menjadi cinta.

Maleficent meyakini bahwa ciuman Stefan adalah ciuman cinta sejati-nya. Namun seiring berjalannya waktu, Stefan (Toby Regbo) mulai jarang menemui Maleficent, karena Stefan hendak mengejar mimpinya ke istana. Maleficent pun merasa sedih karena telah ditinggalkan Stefan.

Suatu hari, Moors diserang oleh kerajaan lain dan pasukannya yang dipimpin oleh Raja Henry untuk menguasai alam peri. Raja Henry yang serakah dan sombong berusaha merebut Moors karena ia mendapat kabar bahwa Moors adalah negeri yang indah, dengan hutan sejuk dan tempat tinggal para peri, yang mana mempunyai kekuatan sihir dan bisa terbang. Maleficent berhasil menyingkirkan mereka karena kekuatan sayapnya, dan kekuatan magis para penghuni Moors. Akan tetapi, Raja Henry sangat dendam padanya karena telah membuat kerajaannya kalah. Lalu, raja berjanji bahwa ia akan memberikan tahtanya dan mengangkatnya sebagai menantunya kepada siapa pun yang berhasil membunuh Maleficent.

Stefan yang memimpikan menjadi Raja berniat untuk membunuh Maleficent. Ia segera menemui Maleficent dari sekian lama mereka tak bertemu. Namun, Maleficent terlalu percaya pada Stefan sehingga ia terjebak. Stefan pun memberi obat tidur kepada Maleficent, Maleficent tertidur, kemudian ia bersiap membunuhnya. Namun, karena Stefan tidak tega, ia hanya memotong sayap Maleficent menggunakan besi, yang dapat membakar kulit seorang peri. Stefan membawa sayap Maleficent ke istana dan berbohong pada raja Henry bahwa ia telah membunuhnya. Stefan tahu bahwa sayap Maleficent berisi setengah kekuatan Maleficent. Maleficent bangun dengan punggungnya seperti terasa terbakar, menyadari sayapnya hilang, dan langsung tahu bahwa ia dikhianati oleh Stefan. Maleficent sangat kecewa dan marah sehingga sifat baiknya hilang dan membuat hatinya dingin seperti es. Maleficent akhirnya mencabut ranting pohon dan mengubahnya menjadi tongkat, karena Maleficent kesulitan berjalan.

Suatu hari, Maleficent menyelamatkan seekor burung gagak yang hampir dibunuh. Burung bernama Diaval (Sam Riley) itu mengabdikan dirinya pada Maleficent karena berhutang budi. Karena itu, Maleficent menugaskan Diaval untuk memberitahukan semua informasi kerajaan dan Stefan. Maleficent menjadi ratu Moors sekaligus peri yang jahat, yang membuatnya mengubah Moors yang indah menjadi gelap dan sunyi. Maleficent juga mendirikan semak belukar berduri sebagai dinding pelindung Moors, yang tidak dapat dihancurkan seperti dibakar. Diaval memberikan informasi kepada Maleficent bahwa Stefan sudah menjadi raja dan menikah, lalu telah dikaruniai bayi perempuan bernama Aurora (Vivienne Jolie-Pitt). Stefan akan mengadakan pesta dan pembaptisan putrinya tersebut. Peri-peri dan rakyatnya pun datang untuk memberikan hadiah pada Aurora. Namun, Maleficent yang tak diundang sekaligus masih menyimpan dendam makin naik pitam. Ia menghadiri acara itu untuk memberikan kutukan kepada Aurora meski Stefan sudah memohon padanya. Namun, dendam yang disimpan di hatinya begitu besar sehingga telah merubahnya dari peri yang baik hati menjadi peri yang sangat jahat.

Dalam kutukan Maleficent, Aurora akan tertusuk jarum pemintal dan akan tertidur selamanya seperti orang mati pada saat matahari terbenam di ulang tahunnya yang ke-16, sama seperti Stefan mencium Maleficent di usianya yang ke-16 tahun. Akan tetapi dalam kutukannya, Maleficent menyebutkan tidak ada kekuatan apapun di bumi yang dapat mematahkan kutukan itu kecuali ciuman cinta sejati. Maleficent sangat yakin bahwa ciuman cinta sejati tidak akan pernah ada.

"Listen well, all of you. The princess shall indeed grow in grace and beauty, beloved by all who meet her. But, before the sun sets on her sixteenth birthday, she will prick her finger on a spindle of a spinning wheel and fall into a sleep like death! A sleep from which she will never awaken. The princess can be woken from her death sleep, but only by true love's kiss. This curse will last till the end of time, no power on earth can change it!"

Karena kalut Aurora akan terkena kutukan, Stefan memerintahkan negerinya untuk mengumpulkan semua jarum pemintal dan membakarnya di sebuah ruang bawah tanah istana. Sedangkan Aurora telah diasingkan ke sebuah gubuk di hutan terpencil dengan dijaga oleh 3 peri (Imelda Staunton, Juno Temple) agar terlindung dari jarum pemintal, tetapi Maleficent mengikuti mereka diam-diam.

Maleficent terus mengawasi Aurora. Suatu kali saat Aurora masih bayi, Maleficent datang ingin menakut-nakuti Aurora, tetapi Aurora malah tertawa. Maleficent yang kesal pun meninggalkannya. Selama dalam pengawasan, Maleficent seringkali bertingkah usil pada 3 peri yang menjaga Aurora. Maleficent saat itu melihat Aurora jatuh ke jurang karena mengejar kupu-kupu. Maleficent langsung memanipulasi tanaman untuk menangkap Aurora; namun, ia tidak menyadari bahwa ia mulai seperti mengasuh Aurora. Aurora (Elle Fanning) pun tumbuh besar menjadi gadis yang sangat cantik dan tetap diawasi oleh Maleficent. Pada saat berumur 16 tahun, Aurora bertemu Maleficent secara langsung dan percaya bahwa Maleficent adalah Ibu Peri Pelindung-nya. Perkataan itu menghancurkan dendam dan kejahatan dalam hati Maleficent dan merubahnya kembali seperti dirinya yang dulu. Ia sungguh menyesal telah mengutuk Aurora.

Suatu hari, saat Aurora sedang tidur, Maleficent mengintip dari jendela, kemudian masuk ke rumah. Maleficent berdiri di samping Aurora, dan diam-diam mencabut kutukannya. Maleficent berusaha untuk menarik kutukannya, tetapi karena mantra sihir yang ia gunakan untuk mengutuk Aurora sangat kuat, Maleficent akhirnya menyerah dan tidak bisa mencabut kutukannya. Maleficent hanya bisa bersedih dan pergi ke pepohonan. Aurora kemudian terbangun dan keluar rumah. Aurora memandangi keindahan alam Moors dengan sihir yang indah. Setelah ia memandangi beberapa peri yang beterbangan, Aurora bertanya pada Maleficent tentang sayapnya. Aurora bingung karena Maleficent tidak memiliki sayap, karena Aurora tahu bahwa Maleficent juga merupakan seorang peri. Akhirnya, Maleficent menjelaskan bahwa dulu ia memiliki sayap yang sangat besar dan kuat, tetapi dicuri. Akhirnya, Aurora terdiam. Sementara itu, Stefan yang memikirkan Maleficent dengan putrinya menjadi gila dan terus menatap sayap Maleficent di ruangan khusus. Bahkan, raja Stefan mengabaikan istrinya yang sekarat.

Suatu hari, saat Aurora pulang ke pondok, Knotgrass tidak sengaja mengatakan hal tentang ayah Aurora. Aurora merasa marah dan penasaran karena saat Aurora masih kecil, 3 peri memberitahu bahwa ayah Aurora sudah meninggal. Akhirnya 3 peri terpaksa memberitahu yang sebenarnya tentang identitas Aurora dan Maleficent. Aurora akhirnya tahu bahwa ia telah diberi kutukan oleh Maleficent. Aurora sangat kecewa dan memutuskan untuk kembali kepada ayahnya di istana. Saat kepulangannya, tiba-tiba ayahnya, Raja Stefan, langsung mengurung Aurora dalam kamarnya agar dia lebih aman. Akan tetapi kutukan itu tetap terjadi, dan malamnya Aurora terhipnosis untuk mengunjungi ruang bawah tanah istana untuk menyentuh jarum pemintal. Sementara Aurora menuju ruang bawah tanah, Maleficent mengubah Diaval menjadi kuda agar bisa membawanya ke istana Stefan. Akhirnya Maleficent dan Diaval masuk dan menyelinap ke ruang bawah tanah, ia berusaha melewati berbagai rintangan seperti jarum yang terbuat dari besi. Maleficent mencoba menghentikan Aurora, tetapi terlambat. Aurora menusukkan jarinya ke jarum pemintal dan jatuh tertidur. Tiga peri melihatnya dan membawa Aurora ke kamarnya.

Disisi lain, Maleficent mencoba jalan terakhir untuk menyelamatkan Aurora. Dia mengantarkan pangeran muda bernama Philip (Brenton Thwaites), yang ditemui Aurora di hutan. Menurut Maleficent, pangeran itu mungkin adalah cinta sejati Aurora agar bisa membangunkannya dari tidur. Maleficent melemparkan pangeran di depan kamar Aurora, 3 peri kecil melihatnya dan memaksanya mencium Aurora. Philip mencium Aurora, namum Aurora tetap tidak bangun. Ketiga peri kecil marah dan membawa Philip pergi. Maleficent diam-diam masuk ke kamarnya. Maleficent benar-benar sedih dan mengakui bahwa sisa hatinya yang telah hancur dan kosong telah diisi dengan kehadiran Aurora. Maleficent sangat menyayangi Aurora dan ingin Aurora kembali. Ia mencium kening Aurora seperti ibunya sendiri. Akhirnya, kutukan itu pun lenyap. Aurora telah berhasil terbangun kembali. Ternyata ciuman itulah yang dimaksud ciuman kasih sayang yang tulus.

Aurora ingin ikut bersama Maleficent untuk tinggal di Kerajaan Moors. Tetapi di tengah-tengah istana, sebuah jebakan jatuh di atas kepala Maleficent. Maleficent terperangkap dalam jaring yang terbuat dari besi. Maleficent merasakan kulitnya yang kesakitan karena terbakar. Aurora sangat terkejut dan berusaha menolongnya. Namun, pasukan kerajaan menyerbu Maleficent dan Aurora terpojok. Maleficent yang lemah tidak berdaya menggunakan kekuatan terakhirnya dengan mengubah Diaval menjadi naga. Saat itu, usaha Maleficent berhasil, Maleficent menyuruh Aurora lari; Aurora kebingungan dan ketakutan sehingga ia tidak sengaja masuk ke ruangan dimana ayahnya mengurung sayap Maleficent dalam peti kaca yang besar. Aurora kemudian tahu bahwa itu adalah sayap Maleficent yang disimpan ayahnya, dan berusaha melepaskan sayap Maleficent tersebut dengan menjatuhkan peti kacanya dari belakang, dan berhasil. Karena jumlah pasukan sangat banyak, Diaval akhirnya kalah dan usaha Maleficent sia-sia. Stefan memukul Maleficent dengan rantai besi dan melemparnya dengan brutal ke tangga. Sementara sayap Maleficent telah lepas terbang dan pergi ke tempat dimana Maleficent berada.

Stefan hampir membunuh Maleficent dengan pedangnya yang terbuat dari besi. Namun, punggung Maleficent bersinar terang. Stefan akhirnya jatuh dan menjauh karena cahaya terang menyinari matanya. Sayap Maleficent menempelkan dirinya ke punggungnya, membuat kekuatan Maleficent kembali, karena sayapnya kembali. Maleficent langsung berdiri dengan sayap yang terbuka.

Maleficent segera terbang jauh dan menjatuhkan lampu kerajaan untuk menolong Diaval yang terikat. Diaval bebas dari ikatan dan menyemburkan api. Maleficent secepatnya kabur dari istana, tetapi, Stefan melemparkan tali pengikat pada kaki Maleficent dan membuatnya tertarik, tetapi dengan kekuatannya, Maleficent berhasil terbang dan Stefan tertarik ke atas. Maleficent menabrak kaca kerajaan dan membawa Stefan ke atas menara istana untuk membunuhnya. Maleficent melepaskan rantai pengikat pada kakinya dan memukul Stefan. Saat Maleficent ingin membunuhnya, tiba-tiba rasa cinta Maleficent kepada Stefan yang masih tersisa telah menggelayutinya. Maleficent memang masih memiliki hati yang sangat baik, hanya saja kekecewaan dan dendamlah yang merubahnya. Akhirnya Maleficent berbelas kasih melepaskan Stefan. Akan tetapi, Stefan memanfaatkan kesempatan itu untuk membunuh Maleficent agar jatuh dari menara istana. Namun Stefan sendirilah yang jatuh dari menara istana sehingga ia meninggal dan Maleficent selamat dengan terbang.

Maleficent akhirnya menghancurkan dinding pelindung Moors. Aurora tetap ikut bersama Maleficent karena dia juga sangat menyayangi Maleficent seperti ibunya. Maleficent, yang sebelumnya adalah ratu, mengangkat Aurora menjadi Ratu Moors dan mereka hidup bahagia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Maleficent (Original Motion Picture Soundtrack)
Musik film karya James Newton Howard
Dirilis27 Mei 2014
GenreOrchestral
Durasi1:11:46
LabelWalt Disney
Penilaian profesional
Skor ulasan
Sumber Nilai

Seluruh musik diciptakan oleh James Newton Howard (Tracks 1–22).

Maleficent (Original Motion Picture Soundtrack)
No.JudulPenciptaPerformer(s)Durasi
1."Maleficent Suite"  6:38
2."Welcome to the Moors"  1:05
3."Maleficent Flies"  4:39
4."Battle of the Moors"  4:58
5."Three Peasant Women"  1:04
6."Go Away"  2:26
7."Aurora and the Fawn"  2:28
8."The Christening"  5:30
9."Prince Philip"  2:29
10."The Spindle's Power"  4:35
11."You Could Live Here Now"  2:26
12."Path of Destruction"  1:47
13."Aurora in Faerieland"  4:41
14."The Wall Defends Itself"  1:06
15."The Curse Won't Reverse"  1:21
16."Are You Maleficent?"  2:10
17."The Army Dances"  1:28
18."Phillip's Kiss"  2:20
19."The Iron Gauntlet"  1:35
20."True Love's Kiss"  2:33
21."Maleficent Is Captured"  7:42
22."The Queen of Faerieland"  3:25
23."Once Upon a Dream"Jack Lawrence, Sammy FainLana Del Rey3:20
Durasi total:45:57

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Maleficent telah menerima $ 222.716.901 di Amerika Utara pada 16 Juli 2014, dan diperkirakan $ 447.000.000 di negara-negara lain pada 16 Juli, dengan total pendapatan di seluruh dunia sebesar $ 669.716.901. Di seluruh dunia, di akhir pekan pembukaannya, film tersebut meraup $ 175.500.000, $ 9.000.000 diantaranya didapatkan dari lokasi IMAX.[13] Hal ini juga debut terbesar di antara film-film yang dibintangi Angelina Jolie,[13] dan pendapatan aktris 'tertinggi (pada sebuah film) sepanjang masa di seluruh dunia,[14][15] serta 2014 film ketiga yang pendapatannya tercatat melampaui $ 600.000.000 di box office seluruh dunia..[16][17]

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Utara, Maleficent memperoleh $ 4,2 juta pada pertunjukan Kamis malam, melebihi pendapatan tayangan tengah malam atau larut malam dari sebelumnya yang dipegang oleh film fantasi live-action, Alice in Wonderland, Oz Agung The Great and Powerfull dan Snow White and The Huntsman. Pada akhir hari pembukaan (termasuk laba Kamis larut malam), film tersebut meraup $ 24.300.000, mirip dengan Oz, tetapi di depan Snow White and The Huntsman dan di belakang Alice . Pada akhir pekan debutnya Maleficent berada di tempat pertama dengan $ 69.400.000 ($ 6.700.000 diantaranya diperoleh dari lokasi IMAX dan 35% diperoleh dari pertunjukan 3D), yang melebihi harapan Disney dari $ 60.000.000 pembukaan dan menjadikannya pembukaan akhir pekan terbesar untuk kinerja Jolie (rekor sebelumnya dipegang oleh film nya Wanted, 2008 ), serta akhir pekan pembukaan tertinggi ketiga untuk bintang wanita solo (di belakang dua film pertama The Hunger Games series ). Disney melaporkan bahwa 46% dari pembeli tiket pada hari Kamis rata-rata adalah laki-laki, sementara laporan akhir pekan mengatakan penonton keluarga menyumbang 45% dari total penonton film, dan pasangan dan remaja menyumbang 38% dan 18% masing-masing. Penonton Perempuan dan penonton lebih dari 25 tahun masing-masing menyumbang 60% dan 51%. Selama minggu pertama, film ini mendapat total $ 93.800.000, di depan Snow White dan di belakang Oz dan Alice . Pada akhir pekan kedua, pendapatan film ini turun 50% menjadi $ 34.300.000, finis di tempat kedua.

Di luar Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Maleficent dibuka di luar Amerika Utara pada akhir pekan yang sama seperti Amerika Utara, penghasilan $ 20.100.000 yang didapatkan berasal dari 35 wilayah dalam dua hari pertama (28-29 Mei 2014). Selama akhir pekan pembukaannya, film ini menduduki puncak box office dengan $ 106.100.000, penghasilan dari 47 wilayah. Pembukaan akhir pekan terbesarnya berasal dari China ($ 22.200.000), Meksiko ($ 14,0 juta) dan Rusia dan CIS ($ 13,0 juta). Pada akhir pekan kedua rilis, Maleficent turun ke $ 61.700.000, penghasilan didapat dari 52 pasar. Saat itu di tempat pertama di box office di luar Amerika Utara pada tiga pekan, pertama, ketiga ($ 39.200.000) dan keempat ($ 47.900.000) .

Maleficent adalah film kelima paling sukses pada tahun 2014, dan film live-action Angelina Jolie yang paling sukses. Pendapatan secara total, pasar atas film ini setelah Amerika Utara adalah Cina ($ 46.500.000), Meksiko ($ 45.300.000), Rusia ($ 37.100.000), Brazil ($ 31.300.000), Inggris ($ 30.300.000), Jepang ($ 19.400.000) dan Italia ($ 18.200.000).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Maleficent (PG)". British Board of Film Classification. May 14, 2014. Diakses tanggal Mei 15, 2014. 
  2. ^ Cunningham, Todd (8 May 2014). "Angelina Jolie's 'Maleficent' Tracking for $60 Million-Plus Box-Office Opening". The Wrap. Diakses tanggal 8 May 2014. 
  3. ^ "Maleficent (2014) - Box Office Mojo". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  4. ^ "Angelina Jolie Is 'Maleficent' In First Official Photo". Diakses tanggal June 20, 2012. 
  5. ^ "Angelina Jolie in Maleficent | Maleficent reviews and BoxOffice Collection". NewsZoner. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-31. Diakses tanggal 2014-05-31. 
  6. ^ Sneider, Jeff (October 17, 2013). "'Kick-Ass 2' Actress to Play Younger Version of Angelina Jolie in 'Maleficent'". The Wrap. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  7. ^ "Ella Purnell replaces India Eisley in Maleficent". MSN Entertainment. October 18, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-31. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  8. ^ Charalambous, Sophia (November 8, 2012). "Chelmsford schoolgirl stars in Disney movie with Angelina Jolie". Essex Chronicle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-24. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  9. ^ a b "Maleficent (2014) (IMDB)". 
  10. ^ Tourtellotte, Bob (August 22, 2012). "Jolie, Pitt daughter to make film debut as young princess". Reuters. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-23. Diakses tanggal August 23, 2012. 
  11. ^ Fleming, MIke, Jr. (May 30, 2012). "Disney Crowns Young Prince In 'Maleficent'". Deadline.com. 
  12. ^ Kit, Borys (May 17, 2012). "Juno Temple Joins Angelina Jolie's 'Maleficent' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal June 19, 2012. 
  13. ^ a b "GLOBAL: 'Maleficent' Edges Out X-Men for Box Office Crown with $100.6M Day-and-Date Debut Overseas". Boxoffice. June 1, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-02. Diakses tanggal June 2, 2014. 
  14. ^ "GLOBAL: Strong Brazil Bow Sends 'How to Train Your Dragon 2' to $43.5 Million Overseas Weekend; 'Maleficent' Takes $20.3 Million in China". Boxoffice. BoxOffice® Media, LLC. June 22, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-26. Diakses tanggal June 22, 2014. 
  15. ^ Subers, Ray (June 22, 2014). "Weekend Report: 'Man' Defeats 'Boys,' Falls Short of Predecessor". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal June 22, 2014. 
  16. ^ Lang, Brent. "'Maleficient' Passes $600 Million at Worldwide Box Office", Variety, Retrieved on July 2, 2014.
  17. ^ McClintock, Pamela. "Angelia Jolie's 'Maleficient' Crosses $600 Million Worldwide", The Hollywood Reporter, Retrieved on July 2, 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]