Maleakhi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini membahas Nabi Maleakhi. Untuk sebuah kitab dalam Perjanjian Lama, lihat Kitab Maleakhi
Maleakhi, dalam sebuah lukisan karya Duccio di Buoninsegna, c. 1310 (Museo dell'Opera del Duomo, Katedral Siena).

Maleakhi atau Mal'akhi (מַלְאָכִי "Utusan/malaikatku", Ibrani Standar Malʾaḫi, Ibrani Tiberias Malʾāḵî) adalah seorang nabi dalam Alkitab Ibrani (atau Tanakh bagi umat Yahudi) atau Perjanjian Lama di Alkitab umat Kristen. Maleakhi adalah nabi terakhir dalam urutan nabi-nabi kecil, dan penulis Kitab Maleakhi, kitab terakhir dalam kanon Perjanjian Lama (Maleakhi 4:4-6) edisi Kristen, dan merupakan kitab terakhir dalam kumpulan Nevi'im (nabi-nabi) dalam Tanakh Yahudi.

Kitab Ezra tidak pernah menyebut namanya, dan ia tidak secara langsung disebutkan dalam pembangunan kembali Bait Allah. Para penyunting Jewish Encyclopedia (1906) menyimpulkan bahwa Maleakhi bernubuat setelah nabi-nabi Hagai dan Zakharia (Maleakhi 1:10; 3:1,10) dan menduga bahwa ia menyampaikan nubuatnya sekitar tahun 420 SM, setelah kembalinya Nehemia yang kedua kali dari Persia (Nehemia 13:6), atau kemungkinan sebelum kepulangannya, dari hasil membandingkan Maleakhi 2:8 dengan Nehemia 13:15; Maleakhi 2:10-16 dengan Nehemia 13:23.

Dalam Yudaisme rabinik[sunting | sunting sumber]

Maleakhi diidentikkan dengan Mordekhai oleh Rav Nachman dan dengan Ezra oleh Joshua ben Karcha (Meg. 15a). Targum Jonathan ben Uzziel untuk kata-kata "Oleh tangan Maleakhi" (i. 1) memberikan penjelasan "Yang namanya disebut Ezra sang penulis." Menurut Soṭah 48b, ketika Maleakhi meninggal, Roh Kudus meninggalkan Israel. Menurut Rosh Hashanah 19b, ia adalah salah satu dari tiga nabi yang menurut tradisi ikut menyusun kalender Yahudi.

Dalam agama Kristen[sunting | sunting sumber]

Tulisan-tulisan Kristen perdana[sunting | sunting sumber]

Hieronimus (Jerome), dalam pengantarnya untuk tafsiran Maleakhi, menyebutkan bahwa pada masanya ada kepercayaan bahwa Maleakhi identik dengan Ezra ("Malachi Hebræi Esdram Existimant"). Sebuah tradisi yang dilestarikan dalam pseudo-Epifanius ("De Vitis Proph.") menceritakan bahwa Maleakhi berasal dari Zebulon, dan dilahirkan setelah Pembuangan. Menurut kisah apokrif yang sama, ia meninggal dalam usia muda, dan dimakamkan di negerinya sendiri bersama nenek moyangnya.

Liturgi Kristen[sunting | sunting sumber]

Dalam kalender liturgi Gereja Ortodoks Timur, hari perayaannya adalah 3 Januari.

Dalam kritik Alkitab masa kini[sunting | sunting sumber]

Menurut para redaktur Easton's Bible Dictionary 1897, nama Maleakhi ini bukanlah "nomen proprium" (nama sebenarnya) dan diduga merupakan singkatan dari ("utusan YHWH"), yang sesuai dengan Μαλαχίας dalam Septuaginta dan "Malachias" dalam Vulgata. Catatan pada namanya dalam Septuaginta mengatakan ὲν χειρὶ ἀγγήλου αὐτοῦ, (oleh tangan utusannya).

Wellhausen, Abraham Kuenen, dan Wilhelm Gustav Hermann Nowack menganggap Maleakhi 1:1 sebagai tambahan di kemudian hari, sambil menunjuk pada Kitab Zakharia (Zakharia 9:1, 12:1). Carl Heinrich Cornill menyatakan bahwa Zakharia pasal 9-14 dan Kitab Maleakhi adalah karya anonim dan karena itu diletakkan pada bagian akhir kitab-kitab kenabian. Maleakhi 3:1 memperlihatkan hampir secara tegas bahwa istilahnya keliru dipahami, dan bahwa nama yang sebenarnya berasal dari kesalahpahaman tentang kata itu. Berbagai pandangan tampaknya sepakat bahwa kitab ini disusun pada masa antara 432-424 SM. Ini adalah masa antara kunjungan pertama dan kedua Nehemia ke Yerusalem.

Rujukan[sunting | sunting sumber]