Israfil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Malaikat Israfil)

Isrāfīl atau Israfel (Arab: إسرافيل, Isrāfīl) ("Sesuatu yang membakar"[1]), adalah malaikat yang akan meniup sangkakala pada hari kiamat, walaupun namanya tidak disebutkan di dalam Qur'an. Malaikat ini merupakan Malaikat pertama yang diciptakan Allah, juga yang pertama kelak dibangkitkan pada Hari Kiamat. Ia sebagai salah satu dari empat malaikat utama, bersama dengan Mikail, Jibril dan Izrail.[1] Israfil dalam logat lainnya disebut Serafim yaitu dalam Alkitab.

Wujud[sunting | sunting sumber]

Beberapa sumber lain (bukan sumber islam) mengindikasikan bahwa, pada permulaan waktu[2] Israfil memiliki empat sayap, sangat tinggi sehingga bisa meraih tiang-tiang surga.[3] Malaikat yang rupawan ini merupakan penguasa musik, Israfil selalu bertasbih kepada Allah kedalam ribuan bahasa yang berbeda.[1] Dari bawah kaki hingga ke kepalanya ada beberapa rambut, beberapa mulut, dan beberapa lidah yang tertutup hijab.

Terompet suci[sunting | sunting sumber]

Walaupun nama "Israfil" tidak pernah di muncul dalam Al Qur'an, sebutan/julukan tersebut dibuat untuk malaikat yang membawa trompet suci ini, dan untuk mengidentifikasikan sosok ini:

Israfil selalu memegang terompet suci yang terletak di bibirnya selama berabad-abad, menunggu perintah Allah untuk meniupnya pada hari kiamat.[4]

Pada hari kiamat Malaikat Isrofil Meniup Sangkakala sebanyak 2 kali tiupan. Tiupan pertama akan menyebabkan kiamat datang dan segala sesuatu di dunia ini akan hancur. Kemudian, setelah beberapa waktu, sangkakala akan ditiupkan lagi untuk membangkitkan kembali semua makhluk untuk dihisab dan diadili atas amal perbuatannya selama hidup di dunia ini.

Misi mencari tanah untuk Adam[sunting | sunting sumber]

Beberapa Sumber lain (bukan sumber islam) ia dikatakan telah di kirim oleh Tuhan bersama malaikat utama yang lain, untuk mengumpulkan tanah dari empat penjuru dunia[3] dan hanya Izrail saja yang berhasil dalam misi tersebut,[5] kemudian dengan tanah itulah Adam diciptakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Lewis, James R., Oliver, Evelyn Dorothy, Sisung Kelle S. (Editor) (1996), Angels A to Z, p. 224, Visible Ink Press, ISBN 0-7876-0652-9
  2. ^ Lindemans, Michael, Israfel Diarsipkan 2008-12-08 di Wayback Machine. entry in the Encyclopedia Mythica
  3. ^ a b Davidson, Gustav (1967), A Dictionary of Angels, Including The Fallen Angels, Entry: Israfel, pp. 151, 152, Library of Congress Catalog Card Number: 66-19757
  4. ^ Hadis kedua, dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, rasulullah ﷺ bersabda, "Bagaimana saya bisa bersenang-senang sementara malaikat peniup terompet telah meletakkan terompet itu di mulutnya, memiringkan dahinya, pendengarannya konsentrasi, selalu siaga kapanpun dia akan diperintahkan." (HR. Ahmad 11039, Turmudzi 3551 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
  5. ^ Weil, Dr. Gustav (1863), The Bible, the Koran, and the Talmud or Biblical Legends of the Mussulmans, Adam, p. 19, at sacred-texts.com

Lihat pula[sunting | sunting sumber]