Malaikat Agung dari Sopo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Para Malaikat Agung dari Sopo (Arcángeles de Sopó) adalah sebuah koleksi lukisan cat minyak terkenal dari masa periode kolonial Kerajaan Spanyol di Kolombia yang saat ini disimpan di Gereja Penyelamat Ilahi di Sopó, sebuah kota di Kolombia.

Koleksi seni ini memiliki nilai sejarah yang penting. Para malaikat agung ini dipercaya dilukis sekitar tahun 1650, namun sang pelukisnya masih tidak diketahui. Beberapa ahli seni percaya bahwa lukisan-lukisan ini merupakan karya Baltasar de Figueroa, sementara beberapa pihak lainnya menunjuk pada pelukis Ekuador, Miguel de Santiago. Teori ketiga menilik kemungkinan akan pelukis Bogota, Bernabe de Posadas.

Kementerian Kebudayaan dan Badan Seni Kolonial Kolombia melancarkan program restorasi untuk karya-karya ini yang mengalami berbagai macam kerusakan. Dua belas kanvas yang berukuran 2,38 x 1,67 meter yang menggambarkan sebelas malaikat agung dan satu sosok malaikat pelindung. Setiap karya ini memiliki nama dalam Bahasa Ibrani dan penjelasannya dalam Bahasa Spanyol:

Referensi[sunting | sunting sumber]