Masakan Sumatera Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Makanan tradisional Sumatra Barat)
Lompat ke: navigasi, cari

Masakan Sumatera Barat adalah jenis kuliner yang berkembang di provinsi Sumatera Barat. Produk kuliner Sumatera Barat merupakan salah satu yang dikenal luas di Indonesia dan disebut juga dengan istilah Masakan Minangkabau yang diperkenalkan oleh para perantau Minangkabau dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Terdapat banyak resep dan variasi masakan Sumatera Barat berdasarkan daerah, kota atau kabupatennya, antara lain Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Payakumbuh, Solok, Batusangkar, Agam, Dharmasraya dan sebagainya. Meskipun beraneka ragam masakan Minangkabau bukan hanya berasal dari kota Padang, Masakan Sumatera Barat telah terlanjur dikenal masyarakat awam dengan sebutan Masakan Padang. Masakan Sumatera Barat dikenal banyak menggunakan santan dan daging, memiliki rasa pedas dari penggunaaan bumbu dan rempah-rempah.

Makanan utama[sunting | sunting sumber]

Masakan berikut merupakan hidangan utama yang dihidangkan dengan nasi. Di restoran masakan Minang, makanan ini disajikan sekaligus di atas meja.

Susunan piring direstoran Padang bertingkat-tingkat

Makanan selingan[sunting | sunting sumber]

Makanan berikut dihidangkan tanpa nasi, dengan ketan, atau memakai ketupat.

Bubur kampiun adalah perpaduan dari berbagai bubur yg ada di Sumatra Barat , terdiri dari : bubur kacang ijo, kolak pisang, bubur ketan hitam, ketan sarikayo, lupis.

Kue-kue tradisional Sumatra barat[sunting | sunting sumber]

Karak kaliang

Minuman[sunting | sunting sumber]

Es Tebak adalah es campur Minang yg terdiri dari : potongan nangka , kolang kaling, cincau, kelapa muda, tape singkong dan TEBAK itu sendiri , yg dibuat dari campuran tepung beras yg dimasak seperti cendol dan dibentuk seperti mie . Disiram dengan kuah santan yg legit , ditambah sirop merah dan susu kental manis dan Es serut diatasnya.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]