Majelis Rakyat Nasional (Aljazair)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Majelis Rakyat Nasional (bahasa Arab: al-Majlis al-Sha'abi al-Watani, bahasa Prancis: Assemblée populaire nationale) adalah majelis rendah Parlemen Aljazair. Majelis Rakyat Nasional terdiri dari 462 anggota yang dipilih secara langsung oleh rakyat, dengan masa jabatan lima tahun.

Saat ini Majelis Rakyat Nasional didominasi oleh partai-partai besar yang bergabung dalam Aliansi Kepresidenan, yaitu: Barisan Pembebasan Nasional, Rapat Nasional untuk Demokrasi, Gerakan Masyarakat untuk Kedamaian; ditambah beberapa partai oposisi seperti Partai Buruh dan Barisan Kekuatan Sosialis serta 45 kursi dari partai-partai kecil lainnya.

Majelis Rakyat Nasional dikelola menurut konstitusi Aljazair dengan meniru format majelis rendah Prancis. Setelah penyegaran pada tahun 2007, Aliansi Kepresidenan bertumbuh-kembang mencapai kejayaan dengan menjadi mayoritas mutlak, meskipun kurang 10 kursi untuk memenuhi 2/3 majelis, berdasarkan tuntutan konstitusi.

Mayoritas parlemen dikuasai oleh Barisan Pembebasan Nasional (partainya Presiden Aljazair), Rapat Nasional untuk Demokrasi (partainya Perdana Menteri Aljazair), dan Gerakan Masyarakat untuk Kedamaian (sebuah partai Islam). Sementara itu, pihak oposisi terdiri dari Partai Buruh (partainya Louisa Hanoune) dan Barisan Kekuatan Sosialis (partainya Aït Ahmed), Rapat untuk Kebudayaan dan Demokrasi yang memboikot pemilihan umum, Barisan Nasional Aljazair yang memiliki 13 kursi, menjadikan mereka sebagai kekuatan yang layak diperhitungkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]