Majeedah Bolkiah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yang Mulia Putri Hajah Majeedah Nuurul Bolkiah (lahir di Bandar Seri Begawan, 16 Maret 1976; umur 38 tahun) adalah anak keempat dari pasangan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dengan Raja Isteri Pengiran Anak Saleha. Ia menyandang gelar Putri Brunei.

Putri Majeedah mendapat gelar BA (Honours) untuk bidang Administrasi dan Kebijakan Publik dari Universitas Brunei Darussalam. Ia juga menerima gelar MA dalam Pembangunan Lingkungan dari King’s College dari Universitas London.

Putri Majeedah adalah Pejabat Senior Kantor Lingkungan Hidup dan Kepala Divisi Perencanaan dan Manajemen di Departemen Lingkungan, Taman, dan Rekreasi, sebuah badan dari Kementerian Pengembangan. Salah satu tugas Divisi ini adalah mengvealuasi Laporan Analisis Dampak Lingkungan di Pengembangan Daerah Industri Sungai Liang. Majeedah pernah menjadi penyelia atas sejumlah proyek yang sukses, termasuk Forum Pemuda ASEAN tentang Lingkungan Hidup, yang diselenggarakan pada 8 Januari 2007.

Majeedah memulai kariernya sebagai pejabat dengan tugas khusus di Satuan Lingkungan Hidup, sebuah bagian dari Kementerian Pengembangan yang bertanggung jawab atas masalah-masalah kebijakan dan strategis menyangkut lingkungan hidup, pada 11 Februari 2002. Di antara karya tulisnya termasuk Pedoman Pengelolaan Lingkungan untuk Kegiatan Penambangan, dan Makalah Posisi tentang Masuknya Brunei ke dalam Konvensi Basel untuk Mengendalikan Pembuangan dan Pergerakan Limbah Berbahaya Lintas Batas.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Juni 2007, Putri Majeedah menikah dengan Khairul Khalil. Suaminya kemudian menyandang gelar YAM Pengiran Anak.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]