Mainan tekan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mainan tekan adalah jenis mainan yang apabila ditekan akan mengeluarkan bunyi. Salah satu jenis yang populer adalah bebek karet. Bentuk lain adalah boneka yang dapat mengucapkan kata-kata dan juga buku-buku yang dapat bersuara.

Mainan anak-anak dan binatang[sunting | sunting sumber]

Awalnya jenis mainan ini dirancang untuk digunakan oleh anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan dan juga binatang peliharaan (anjing). Mainan ini umumnya dibunyikan saat penekanan dilakukan dengan cara menggigit. Rangsangan berupa umunculnya bunyi saat anak atau bayi menggigigt atau meremas jenis mainan ini diharapkan dapat menumbuhkan kepekaannya terhadap bunyi-bunyian secara aktif, mereka yang membuat bunyi-bunyian tersebut.

Mekanisme pembangkitan bunyi[sunting | sunting sumber]

Terdapat berbagai mekanisme untuk mengeluarkan bunyi pada jenis mainan ini. Salah diantaranya adalah terdapat semacam rongga yang dapat mengembang dan mengempis saat ditekan dan di mulut rongga diletakkan sebuat celah yang akan berbunyi saat aliran udara melewatinya. Prinsip kerja yang sama terdapat pula pada alat-alat musik tiup. Alternatif lain yang dewasa ini lebih diminati adalah dengan menggunakan rangkaian elektronik yang dilengkapi dengan saklar pada salah satu bagian mainan. Saat mainan ditekan, rangkaian elektronik tersebut akan menghasilkan bunyi-bunyian: dari suara hewan, sampai ucapan-ucapan tertentu.