Mahligai di Atas Pasir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mahligai di Atas Pasir
GenreRoman
PembuatIndika Entertainment
BerdasarkanMahligai di Atas Pasir karya Mira Widjaja
Ditulis olehAmron Trisnardi
SkenarioAmron Trisnardi
SutradaraDoddy Djanas
PemeranAmara
Adjie Massaid
Cok Simbara
Erna Libby
Uci Bing Slamet
Lagu pembukaTak Mungkin Ku Melepaskanmu oleh Dygta feat Andina
Lagu penutupTak Mungkin Ku Melepaskanmu oleh Dygta feat Andina
Penata musikSunnu Sudianto
Negara asalIndonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode26
Produksi
Produser eksekutifKristuadji Legopranowo
ProduserArifin Wiguna
Lokasi produksiJabodetabek
Pengaturan kameraIrsyad
Durasi60 menit
Rilis asli
JaringanTrans TV
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Rilis15 Oktober 2002 (2002-10-15) –
14 April 2003 (2003-4-14)

Mahligai di Atas Pasir adalah sinetron Indonesia produksi Indika Entertainment yang ditayangkan perdana 15 Oktober 2002 pukul 20.00 WIB di Trans TV. Sinetron ini disutradarai oleh Doddy Djanas dan dibintangi oleh Amara, Adjie Massaid dan Cok Simbara.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Rima adalah seorang gadis yang sangat pintar dan mempunyai ambisi yang besar untuk maju. Setelah lulus sekolah SLTP, Rima memutuskan diri untuk berangkat ke Jakarta. Di Jakarta, Rima berkenalan dengan Bu Azwar. Rima diajak bekerja di rumahnya sekaligus dimasukkan ke sekolah karena Rima mempunyai kemauan yang keras untuk melanjutkan sekolah. Rima mengurus cucu Bu Azwar bernama Rano, yang merupakan anak dari Pranata dan Ami.

Kehidupan keluarga Pranata dan Ami tidak bahagia, lantaran Ami lebih mementingkan karir daripada kehidupan suami dan anaknya yang masih kecil. Pada suatu malam dimana Rima sedang berbahagia karena ia baru lulus SMA, Rima diperkosa oleh Pranata yang sedang dalam keadaan mabuk.

Rima merasa hidupnya telah hancur akibat pemerkosaan tersebut. Ia menceritakan semua kejadian tersebut kepada Pak Ian, yang merupakan mantan guru di sekolahnya. Pak Ian sangat dekat dengan Rima sampai diisukan saling jatuh cinta. Pak Ian sangat iba dengan nasib yang dialami Rima dan Pak Ian menyarankan Rima untuk mengadukan Pranata ke polisi. Rima tidak tega untuk mengadukan Pranata ke polisi, karena kebaikan keluarga Bu Azwar.

Akibat pemerkosaan tersebut, Rima ternyata positif hamil. Pak Ian tidak sampai hati melihat keadaan Rima yang sudah mengandung cukup besar. Pak Ian akhirnya memutuskan untuk menikahi Rima, agar anaknya yang lahir mempunyai seorang ayah, walaupun perbedaan usia mereka cukup jauh, yaitu sekitar 15 tahun lebih.

Kehidupan mereka pada awalnya cukup bahagia karena mereka telah dikaruniai dua orang anak, yaitu Kartika dan Bulan. Beranjak waktu perkawinan mereka, Rima semakin mengalami kemajuan yang pesat dalam mencapai karirnya. Hal ini mengakibatkan Rima mulai mengatur kehidupan Pak Ian dan mulai jauh dari kehidupan anak-anaknya. Akibatnya rumah tangga Rima mulai mengalami keretakan, karena Rima mulai sibuk dengan urusannya, ditambah lagi banyak pria yang berusaha mendekati Rima, seperti Rivan, rekan kerjanya, dan Sony, seorang pengusaha yang terkenal dengan playboy berat.

Rima berpisah dengan Pak Ian dan juga kedua anaknya, yang lebih memilih hidup bersama Pak Ian dengan kehidupan yang pas-pasan. Konflik kembali terjadi dimana Rima bertemu kembali dengan Pranata, yang mengetahui bahwa Tika adalah anak kandungnya. Sedangkan Tika pada saat ini mempunyai hubungan yang cukup dekat dengan Rano.

Beruntung ada Sony dan Ian yang bahu membahu melindungi Rima dari gangguan Pranata, dan juga bantuan dari Hellen, wanita yang pernah ditipu oleh Pranata. Berbagai tindakan licik Pranata selalu gagal. Pranata akhirnya sadar bahwa dia tidak bisa mendapatkan Rima, dan pergi meninggalkan Rima. Akhirnya Rima bebas dari bayang-bayang Pranata. Hanya saja, muncul masalah baru, siapakah yang akan dipilih oleh Rima? Pak Ian, sang guru yang keras hati dan bapak dari anak-anaknya, ataukah Sony, sang pengusaha playboy yang telah insyaf dan berusaha menunjukkan kesetiaannya kepada Rima?[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sinopsis Sinetron Mahligai di Atas Pasir". Indika Entertainment. Archived from the original on 2007-10-27. Diakses tanggal 6 Februari 2024.