Mahavihara Buddha Manggala Balikpapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mahavihara Buddha Manggala merupakan sebuah wihara yang berada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Mahavihara ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2.5 hektare dengan posisi yang strategis, yakni di sebuah bukit di jantung kota Balikpapan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perkembangan Agama Buddha di Balikpapan terus berlanjut, hal ini ditandai dengan berdirinya Yayasan Buddha Manggala Jaya (1997) binaan Sangha Theravada Indonesia. Kegiatan puja bhakti di wihara ini pertama sekali dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1997.

Dalam perjalanannya, Yayasan Buddha Manggala Jaya, bersama-sama biksu sangha, membeli sebidang tanah seluas kurang lebih 2 hektare berlokasi di Jalan MT. Haryono, Batu Ampar, Ring Road, Balikpapan. Di lokasi ini didirikan sebuah wihara permanen wujud kegembiraan bagi umat Buddha khususnya Balikpapan. Disepakati nama untuk wihara baru itu adalah Mahavihara Buddha Manggala. Mahavihara Buddha Manggala, jika disingkat Mahavihara berarti: wihara yang agung. Kata ini merupakan bentuk rasa optimisme dapat membangun dan memiliki sebuah wihara yang permanen, agung, besar dengan lokasi tanah terbilang cukup besar / luas seeing perkembangan Kota Balikpapan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]