Madain Shaleh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 26°48′51″LU,37°56′51″BT

Situs Arkeologi Al-Hijr
(Madâin Sâlih)
Thamudi.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Arab Saudi
Tipe Budaya
Kriteria ii, iii
Nomor identifikasi 1293
Kawasan UNESCO Arab
Tahun pengukuhan 2008 (sesi 32nd)


Mada'in Saleh (Arab: مدائن صالح, Madāʼin Ṣāliḥ) adalah kota kuno yang terletak di wilayah utara Hejaz (saat ini Arab Saudi), sekitar 25 km dari utara kota Al-'Ula (bahasa Arab: العلا ). Pada zaman dahulu kota ini dihuni oleh kaum Tsamud dan Nabatea sekitar 3000 tahun SM, yang hidup di antara zaman Nuh hingga zaman Musa.

Kemudian Mada'in Saleh pada saat itu dikenal sebagai Al-Hijr (bukit berpasir). Nama Al Hijr digunakan hingga abad ke 14 Masehi.[1]

Pada tahun 2008, UNESCO memasukkan Median Shaleh ke dalam daftar Situs Warisan Dunia, dan merupakan Situs Warisan Dunia pertama di Arab Saudi.

Nama Situs[sunting | sunting sumber]

Sejarah panjang dari tempat tersebut dan banyaknya budaya yang menduduki situs tersebut telah menyebabkan beberapa nama yang masih digunakan untuk merujuk ke daerah tersebut. Tempat itu saat ini dikenal sebagai Mada'in Saleh, bahasa Arab untuk "Kota Saleh," yang dicetuskan oleh wisatawan Andalusia pada tahun 1336. Nama "Al-Hijr," dalam Bahasa Arab yang berarti "tempat berbatu," selain itu nama tersebut digunakan untuk menunjuk kepada topografi tempat tersebut. Kedua nama ini telah disebutkan dalam Al Qur'an ketika mengacu pada permukiman ditemukan di tempat itu. Penduduk kuno daerah tersebut, Thamudis dan Nabatean, tempat disebut sebagai "Hegra".

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Situs arkeologi Mada'in Saleh terletak 20 km (12,4 mil) utara kota Al-`Ula, 400 km (248.5 mil) barat laut Madinah, dan 500 km (310,7 mil) tenggara Petra, di Yordania. Situs ini terdapat disebuah dataran, di kaki dataran tinggi basal, yang terbentuk pada bagian tenggara pegunungan Hijaz.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]