Macy's Thanksgiving Day Parade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kedatangan Sinterklas sebagai puncak acara pawai yang menandai awal musim Natal.

Parade Hari Pengucapan Syukur Macy's (Macy's Thanksgiving Day Parade) adalah parade tahunan yang diselenggarakan Macy's di New York City, Amerika Serikat. Parade ini pertama kali diadakan pada tahun 1924, dan bersama-sama America's Thanksgiving Parade di Detroit merupakan pawai Hari Pengucapan Syukur tertua nomor dua di Amerika Serikat. Parade Thanksgiving tertua di Amerika Serikat adalah Parade Hari Pengucapan Syukur 6abc IKEA di Philadelphia yang pertama kali diadakan pada tahun 1920. Parade Thanksgiving Macy's dimulai pukul 09.00 pagi EST pada Hari Pengucapan Syukur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1924, Macy's mengadakan pawainya yang pertama (awalnya disebut Parade Natal Macy's dan kemudian diganti namanya sebagai Parade Natal Hari Pengucapan Syukur Macy's).[1] Para pegawai Macy's dan penghibur profesional yang disewa Macy's berpawai dari 145th Street di Harlem menuju toko utama Macy's di 34th Street dengan pakaian berwarna-warni menarik.[2] Parade juga menyertakan kendaraan hias, drum band, dan hewan-hewan yang dipinjam dari Kebun Binatang Central Park.[3] Sebagai puncak pawai adalah kedatangan Sinterklas di Herald Square yang kemudian dijadikan sebagai tradisi pawai hingga kini. Pada parade yang pertama, Sinterklas didudukkan di singgasana yang berada di balkon Macy's, tepat di atas pintu masuk toko di 34th Street. Sebutan untuknya adalah "King of the Kiddies" (Raja Anak-Anak)[4]

Balon berukuran besar dalam bentuk berbagai bentuk hewan mulai menggantikan hewan hidup pada tahun 1927. Balon-balon tersebut dibuat oleh Goodyear Tire and Rubber Company di Akron, Ohio. Balon pertama adalah balon Felix the Cat yang diisi dengan udara, namun pada tahun berikutnya, Felix diisi dengan helium.

Pada akhir parade tahun 1928, balon-balon dilepas ke udara, namun tidak diduga-duga meletus. Pada tahun berikutnya, balon-balon parade diberi katup pengaman yang memungkinkan mereka untuk mengambang selama beberapa hari. Alamat Macy's juga dijahit pada balon sehingga orang yang menemukan balon tersebut dapat mengembalikannya ke Macy untuk mendapatkan hadiah.

Sepanjang dekade 1930-an, Parade Macy's semakin besar dan meriah. Penonton melebihi satu juta orang yang menyaksikan di sepanjang rute parade pada tahun 1933. Balon Mickey Mouse pertama kali tampil dalam parade pada tahun 1934. Setiap tahunnya dari 1932 hingga 1942, acara tahunan ini disiarkan langsung oleh radio-radio lokal di New York.[5] Siaran dilanjutkan seusai Perang Dunia II dari tahun 1945 hingga 1951.[6]

Parade Macy's tidak diselenggarakan selama Perang Dunia II (1942–1944) karena karet dan helium digunakan untuk perang.[7][8] Parade dilanjutkan pada tahun 1945 dengan rute-rute yang sama hingga tahun 2008. Parade ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari kebudayaan Amerika setelah ditampilkan dalam film Miracle on 34th Street yang berisi cuplikan Parade Macy's tahun 1946. Acara ini pertama kali ditayangkan di televisi pada tahun 1948, dan waktu itu juga dikenal sebagai Parade Hari Macy's.

Parade lain yang disponsori Macy's adalah Celebrate the Season Parade di Pittsburgh, Pennsylvania, dua hari setelah parade di New York City. Parade Hari Pengucapan Syukur yang tertua adalah Parade Gimbels (sekarang disebut Parade Hari Pengucapan Syukur 6abc Ikea) yang pertama kali diadakan di Philadelphia pada tahun 1920. Parade-parade Hari Pengucapan Syukur yang lain diadakan di Chicago, Illinois (Parade Hari Pengucapan Syukur McDonald's), Plymouth, Massachusetts, Seattle, Washington, Houston, Texas, Detroit, Michigan, dan Fountain Hills, Arizona.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.macysparade.com/ Macy's Thanksgiving Day Parade
  2. ^ "Santa to Lead a Parade", The New York Times, Nov. 26, 1924, p. 17.
  3. ^ "Big Christmas Parade!" (iklan), The New York Times, 26 November 1924, p. 7.
  4. ^ "Greet Santa Claus as 'King of Kiddies'", The New York Times, 28 November 1924, p. 15.
  5. ^ WOR schedule, "Today on the Radio", The New York Times Nov. 24, 1932, p. 40. "Radio Today", The New York Times, Nov. 20, 1941, p. 54.
  6. ^ "Radio Today", The New York Times, Nov. 22, 1945, p. 36. "On the Radio", The New York Times, Nov. 22, 1951, p. 58.
  7. ^ "Mayor Plays Role of Dragon Slayer", The New York Times, Nov. 14, 1942, p. 17.
  8. ^ "Get Set, Children, and Your Parents, Too; Genii Are Coming in Thanksgiving Parade", The New York Times, Nov. 14, 1945, p. 27.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Macy's Thanksgiving Day Parade