Macross Plus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Macross Plus (マクロスプラス) adalah sebuah judul anime OVA sepanjang empat episode dan juga dirilis dalam format film bioskop yaitu Macross Plus Movie Edition. Serial ini merupakan sekuel dari serial anime legendaris Chojikuu Yousai Macross. Serial Macross Plus OVA pertama kali dirilis pada bulan agustus 1994. Macross Plus OVA terdiri dari empat episode yang masing-masing memiliki masa tayang sekitar 40 menit. Sementara versi bioskopnya memiliki masa tayang sekitar 115 menit. Macross Plus Movie Edition merupakan rangkuman dari versi OVA yang disunting ulang dan ditambahkan dengan beberapa animasi tambahan untuk lebih menguatkan unsur ceritanya.

Beberapa nama terkenal yang terlibat dalam staf produksi Macross Plus:

Cerita[sunting | sunting sumber]

Sekitar kurang lebih 30 tahun sesudah perang besar antara manusia dan Zentradi, manusia telah berhasil melakukan perjalanan antar bintang dan mulai mengembangkan koloni di berbagai planet di luar tata surya kita. Di antara sekian banyak planet koloni manusia tersebut adalah planet Eden, sebuah planet indah dengan kondisi alam dan masih asri.

Planet Eden juga merupakan planet tempat berlangsungnya proyek rahasia pemerintah yang disebut sebagai Project Super Nova. Proyek tersebut merupakan proyek uji coba dua buah pesawat eksperimen milik pemerintah. Kedua pesawat tersebut adalah "Alpha One" dan "Omega One". Alpha One atau dikenal juga dengan kode YF-19, adalah sebuah purwarupa pesawat hasil produksi Shinsei Industries dan dikemudikan oleh pilot Isamu Alva Dyson. Sementara Omega One adalah sebutan untuk pesawat YF-21 produksi General Galaxy yang dikemudikan oleh pilot Guld Goa Bowman. Tujuan Project Super Nova tersebut adalah untuk mencari pesawat yang paling handal untuk menggantikan skuadron pesawat VF-11 yang sudah mulai berumur.

Selain menceritakan mengenai Project Super Nova, anime Macross Plus ini juga menceritakan persaingan pribadi antara Isamu dan Guld. Perseteruan kedua pilot tersebut makin diperparah ketika mereka bertemu Myung Fan Long, yang ternyata merupakan teman masa kecil mereka. Myung sendiri datang ke planet Eden dalam rangka promo-tour artis virtual Sharon Apple, dimana Myung bertindak selaku produsernya. Tetapi di luar dugaan, keberadaan Sharon Apple malahan semakin memperuncing konflik di antara Isamu, Guld, dan Myung.

Saga[sunting | sunting sumber]

Serial Macross telah diproduksi dalam beberapa judul anime, yaitu:

Story Timeline Judul Tahun Produksi
1999-2012 The Super Dimension Fortress Macross 1982-1983
2008 Macross Zero 2002-2004
2012 The Super Dimension Fortress Macross: Flash Back 2012 1987
2031 The Super Dimension Fortress Macross: Do You Remember Love? 1984
2040 Macross Plus 1994-1995
2045-46 Macross 7 1994-1996
2047 Macross Dynamite 7 1997
Dunia Alternatif / Paralel The Super Dimension Fortress Macross II: Lovers, Again 1992

Pranala luar[sunting | sunting sumber]