Ma'ale Rehav'am

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ma'ale Rehav'am (Ibrani: מַעֲלֶה רְחַבְעָם) adalah sebuah permukiman Israel di selatan Bethlehem dan timurlaut Hebron di Tepi Barat, terletak di timurlaut Pegunungan Yudea di Road 3698.

Dengan bantuan dari Amana, Ma'ale Rehav'am didirikan tahun 2001, sebagai reaksi dari pembunuhan Rehavam Zeevi yang merupakan seorang pendukung permukiman Yesha. Penduduk desa ini bangga mendirikannya dengan model desa lingkungan yang dipenuhi ladang zaitun dan almond, ladang anggur muscat, dan sebuah kebun buah yang terdiri dari 35 jenis buah.

Komunitas 'campuran' kecil ini berdiri dengan keluarga Yahudi sekuler dan religius hidup bersama. Secara umum, sementara kota-kota besar Israel memiliki penduduk heterogen, kebanyakan komunitas kecil homogen non-religius atau religius. Seperti itu juga, komunitas induk desa ini, Nokdim, juga merupakan sebuah komunitas 'campuran'. Ma'ale Rehav'am dibangun di tanah yang dimiliki Nokdim dan dizonakan dengan tujuan tersebut.

Tanggal 16 Mei 2006, Ma'ariv mengeluarkan sebuah artikel yang mengklaim bahwa Ma'ale Rehav'am dibangun di atas tanah pribadi Palestina. Penduduk mengirimkan tuntutan atas tuduhan tersebut, dan pengadilan Jerusalem pada 25 Juni 2009 menyatakan bahwa suratkabar tersebut harus memperbaikinya dan memberi ganti rugi kepada penduduk sebesar 1.000 shekel per orang.[1]

Penduduk Ma'ale Rehav'am menerima layanan kotamadya dari Dewan Regional Gush Etzion.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]