MNC Channels

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
MNC Channels
JenisSaluran berbayar dan konten produksi
SloganRasakan Sensasinya (2010-2012)
One Stop Entertainment (2012-sekarang)
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia
Inggris
Tanggal peluncuran1 Maret 2006; 18 tahun lalu (2006-03-01)
Kantor pusatMNC Studios Tower II Lantai 3-5, Jl. Raya Perjuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Indonesia
Wilayah siaranNasional
PemilikMNC Sky Vision (2006-2019)
MNC Studios International (2018-2019)
MNC Vision Networks (2019-sekarang)
Induk perusahaanGlobal Mediacom (MNC Corporation)
Tokoh kunciLiliana Tanaja Tanoesoedibjo (Chairwoman MNC Channels)
Situs websitus web resmi

MNC Channels (sebelumnya dikenal dengan nama MNC Channel) adalah sebuah kelompok saluran televisi berlangganan dari MNC. Divisi ini pertama kali berdiri pada tanggal 1 Maret 2006.

Saluran-saluran MNC Channels dapat disaksikan melalui platform MNC Vision, MNC Play, K-Vision dan siaran daring di Vision+.

Sejak tahun 2019, MNC Channels dipegang oleh MNC Vision Networks. Sebelumnya, MNC Channels berada di naungan Media Nusantara Citra melalui divisi Content Library dan secara singkat pernah dimiliki oleh PT MNC Studios International.[1][2][3]

Sejarah

Berdiri awal

Awalnya MNC Channels terdiri dari empat kanal yaitu MNC News, MNC Entertainment, MNC Music Channel dan MNC The Indonesian Channel. Kecuali kanal terakhir, yang hanya bisa dinikmati di luar negeri, kanal-kanal ini bisa dinikmati lewat Indovision (nama lama MNC Vision).

Pada tanggal 9 Desember 2010, MNC Channels meluncurkan logo baru (mengadaptasi dari logo MNC, tapi dengan perubahan warna) yang diterapkan pada 5 salurannya, yaitu MNC News, MNC Entertainment, MNC Music, MNC Business, dan MNC Lifestyle.

Pada awal tahun 2012, MNC Channels meluncurkan 16 kanal, yang layaknya pendahulunya beroperasi 24 jam nonstop. Kanal-kanal ini meliputi Life, MNC Muslim, MNC Sports 1, MNC Sports 2, MNC Comedy, MNC Drama, MNC Movie, MNC Fashion, MNC Infotainment dan Golf Channel. MNC juga merencanakan akan meluncurkan kanal lain yaitu MNC Food & Travel, MNC Kids, MNC Wedding, MNC Teens, MNC Homes & Living dan MNC Health.

Di tahun 2018 dan 2019, MNC Channels berhasil mendapatkan penghargaan Superbrands Indonesia.[4] Pada bulan Mei 2019, tercatat dari pengguna televisi berlangganan MNC Group, sebesar 30% penggunanya menonton saluran MNC Channels.[butuh rujukan]

Saluran olahraga

Pada tanggal 2 November 2011 MNC Sports diluncurkan, menggantikan Vision 1 Sports. Ada dua kanal olahraga dalam lingkup MNC Channels, yaitu MNC Sports 1 yang menayangkan acara olahraga luar negeri seperti bola voli, basket, tenis meja, tenis, balap, tinju dan martial arts, sedangkan MNC Sports 2 menayangkan acara sepak bola seperti pertandingan (baik siaran langsung atau tayang ulang), highlights dan informasi.

Pada tanggal 15 September 2015, Soccer Channel diluncurkan sebagai pengganti MNC Sports 1, dan MNC Sports 2 berubah nama menjadi hanya MNC Sports saja. Saluran ini tetap menyiarkan sepak bola, termasuk Piala Eropa 2016 (yang juga ditayangkan oleh RCTI dan MNCTV).

Pada tanggal 1 Oktober 2020, Soccer Channel menggantikan MNC Sports 2 yang berada di saluran nomor 102.

Perkembangan saluran baru

Berikut ini adalah daftar saluran terbaru ditambahkan dari MNC Channels:

  • Pada tanggal 1 Maret 2006, diluncurkan MNC News yang merupakan saluran berita 24 jam, infotainment, gelar wicara, berita olahraga dan berita gaya hidup dari seluruh Indonesia.
  • Pada tanggal 13 Juni 2006, diluncurkan MNC Entertainment yang merupakan saluran hiburan 24 jam, drama lokal, film lokal, situasi komedi, realitas dan konten hiburan lainnya.
  • Pada tanggal 17 Maret 2007, diluncurkan MNC Music Channel, sebuah saluran musik 24 jam.
  • Pada tanggal 1 April 2007, diluncurkan MNC The Indonesian Channel yang menayangkan seluruh acara-acara unggulan dari 3 stasiun TV milik MNC Group selama 24 jam. Saluran ini kemudian menjadi MNC International, dan targetnya adalah pemirsa internasional.
  • Pada 10 Februari 2010, diluncurkan Life yaitu saluran bernuansa kristani dan rohani dengan tagline "Living a victorious life"
  • Pada tanggal 1 Juli 2010, diluncurkan MNC Lifestyle yang menghadirkan acara seputar gaya hidup dan berita selebritis Indonesia bahkan mancanegara.
  • Pada tanggal 10 Agustus 2010, diluncurkan MNC Business yaitu saluran informasi tentang bisnis dan jasa keuangan.
  • Pada tanggal 28 Februari 2011, diluncurkan MNC Muslim yaitu saluran 24 jam bernuansa islami.
  • Pada tanggal 2 November 2011, diluncurkan MNC Sports yaitu saluran televisi olahraga dan merupakan pengganti Vision 1 Sports. MNC Sports memiliki dua saluran yaitu MNC Sports 1 yang menayangkan acara pertandingan sepak bola serta MNC Sports 2 yang menayangkan acara pertandingan tenis meja dan gulat.
  • Pada tanggal 1 April 2012, diluncurkan MNC Comedy yang merupakan saluran komedi 24 jam, saluran ini menggantikan Vision Comedy.
  • Pada tanggal 12 April 2012, diluncurkan MNC Drama yang menayangkan acara konten drama dan FTV dari tiga stasiun televisi swasta milik MNC Media yaitu RCTI, MNCTV, dan Global TV. Saluran ini kemudian menjadi Vision Prime yang merupakan saluran hiburan 24 jam, drama lokal, film lokal, realitas, gelar wicara, seri animasi, komedi, religi, konten empat stasiun televisi swasta, dll. Vision Prime menggunakan tagline "Terbaik untuk Indonesia".
  • Pada tanggal 30 Mei 2012, diluncurkan MNC Movie, yang diklaim merupakan saluran film pertama yang bersiaran 24 jam. MNC Movie menggunakan tagline "Make Yourself At Cinema".
  • Pada tanggal 3 Oktober 2012, diluncurkan MNC Infotainment yang menyiarkan berita selebriti 24 jam.
  • Pada tanggal 26 November 2012, diluncurkan MNC Fashion yaitu saluran fesyen 24 jam.
  • Pada tanggal 18 Februari 2013, diluncurkan MNC Food & Travel yang merupakan saluran kuliner dan wisata.
  • Pada tanggal 22 Juni 2013, diluncurkan MNC Kids.
  • Pada tanggal 24 April 2014, diluncurkan MNC Home & Living yang merupakan saluran properti, rumah, dan kehidupan sehari-sehari 24 jam.
  • Pada tanggal 6 September 2014, diluncurkan MNC Health & Beauty yang merupakan saluran dunia kesehatan dan kecantikan 24 jam dengan tagline "Health is Beauty".
  • Pada tanggal 1 Juni 2015, diluncurkan MNC Auto & Gadget. Saluran ini menyiarkan program seputar dunia otomotif dan teknologi dengan tagline "Enjoy Technology". Kemudian, namanya berubah menjadi Auto & Gadget
  • Pada tanggal 1 September 2015, diluncurkan Games Channel, yaitu saluran kuis.
  • Pada tanggal 15 September 2015, diluncurkan Soccer yang menyiarkan sepakbola.
  • Pada tanggal 1 Maret 2016, Extreme Channel diluncurkan sebagai saluran acara ekstrim 24 jam.

Perubahan logo dan nama saluran

Pada 25 Juni 2014, beberapa saluran MNC Channels mengganti logo dengan logo yang mirip dengan MNC Home & Living, dimana logo MNC kecil berada di kanan atas. MNC Channels kembali mengganti logo salurannya dengan memindahkan logo MNC kecil ke pojok kiri atas pada 20 Mei 2015, bersamaan dengan penegakkan logo MNC tersebut.

Lalu pada tanggal 6 Juni 2015, MNC Auto & Gadget mengganti nama menjadi Auto & Gadget, perubahan tersebut berefek pada saluran-saluran MNC Channels lainnya pada tanggal 20 Juni 2015, MNC Music, MNC Kids, MNC Comedy, MNC Drama, MNC Movie, MNC Food & Travel, MNC Home & Living, dan MNC Health & Beauty kemudian berganti nama Music Channel, Kids Channel, Comedy Channel, Drama Channel, Movie Channel, Food & Travel, Home & Living, dan Health & Beauty.

Pada bulan Juli 2015, MNC International dan MNC Drama berganti nama menjadi MNC Channel dan Drama Channel, lalu disusul pada tanggal 15 September 2015, MNC Sports 2 berganti nama menjadi MNC Sports, sementara MNC Sports 1 digantikan oleh saluran olahraga dengan berfokus pada sepakbola, Soccer Channel. Pada tanggal 10 Agustus 2015, MNC Business berganti nama menjadi iBCM Channel sebagai kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia, kemudian berganti lagi pada tanggal 16 April 2016 menjadi IDX Channel.

Pada tanggal 1 Maret 2018, MNC Muslim dan MNC Infotainment telah berganti nama menjadi Hidayah dan Infotainment. Selanjutnya pada 1 April 2019, Auto & Gadget berganti nama dan logo barunya menjadi A&G setelah digabung dengan Games Channel dan Extreme Channel. Food & Travel akan berganti nama menjadi Travel & Homes setelah digabung dengan Home & Living. MNC Lifestyle akan berganti nama menjadi Lifestyle & Fashion setelah menggabungkan MNC Lifestyle dengan MNC Fashion dan Health & Beauty.

No. Saluran Nama Saluran Kategori Keterangan
85 A&G (artinya Auto & Gadget) Gaya Hidup Saluran otomotif dan dunia teknologi (beberapa acara Games Channel dan Extreme Channel kemudian digabungkan ke saluran ini).
90 Lifestyle & Fashion Saluran dunia gaya hidup dan fesyen (beberapa acara MNC Fashion dan Health & Beauty kemudian digabungkan ke saluran ini).
92 Hidayah Musik & Variasi Saluran 24 jam bernuansa islami (saluran ini sebelumnya dinamai MNC Muslim).
96 Infotainment Gaya Hidup Saluran berita kehidupan selebritis (saluran ini sebelumnya dinamai MNC Infotainment).
98 Travel & Homes Saluran tempat wisata, properti, dan rumah (saluran gabungan Food & Travel dan Home & Living).

Mulai 1 Januari 2020, Vision Prime diluncurkan menggantikan Drama Channel dan Movie Channel, sekaligus saluran MNC Channels pertama yang hadir dalam format siaran HD (high-definition). Kemudian pada 15 Januari 2020, saluran-saluran MNC Channels mengganti logo dan namanya, MNC Entertainment, Hidayah, Music Channel dan Kids Channel berganti nama menjadi Entertainment (saluran penggabungan MNC Entertainment dan Comedy Channel), Muslim TV (sebelumnya Hidayah), Music TV (sebelumnya Music Channel), Kids TV (sebelumnya Kids Channel), dan Lifestyle & Fashion (sekaligus digabung dengan Travel & Homes). MNC Sports 2 dihadirkan kembali sebagai pengganti Soccer Channel dan Auto & Gadget, saluran ini dihadirkan kembali pada nomor saluran 101, sementara MNC Sports hanya mengganti logonya dan tetap pada nomor saluran 102, berbeda dengan MNC Sports 1 dan MNC Sports 2 yang disiarkan pada tahun 2011 hingga 2015. Pergantian logo saluran MNC Channels juga ditandai dengan perubahan peletakan logo on-air yang dipindah ke kanan atas.

Pada tanggal 14 Maret 2020, MNC Channel berganti nama menjadi OKTV dan memperluas acaranya mulai dari sinetron, hiburan, anak-anak, religi, acara dangdut, dan olahraga (hanya menayangkan pertandingan Liga 1 atau Liga 2).

Daftar saluran

Berikut ini adalah daftar saluran yang ditawarkan oleh MNC Channels.

Saluran aktif

Logo Nama Diluncurkan Kategori Bahasa
Entertainment 1 13 Juni 2006 Umum Indonesia
Music TV 2 17 Maret 2007 Musik Indonesia
Inggris
OKTV 3 1 April 2007 Umum Indonesia
Life 10 Februari 2010 Keagamaan
(Kristen)
Indonesia
Muslim TV 4 28 Februari 2011 Keagamaan
(Islam)
Indonesia
Arab
Sportstars 5 2 November 2011 Olahraga Indonesia

Inggris

Sportstars 2 6 2 November 2011 (siaran pertama)
14 Januari 2020 (siaran kedua)
1 Oktober 2021 (siaran ketiga)
Indonesia
Inggris
Sportstars 3 7 1 Oktober 2021 Indonesia
Inggris
Sportstars 4 6 Juli 2023 Indonesia
Inggris
Vision Prime 8 14 April 2012 Umum Indonesia
Kids TV 9 22 Juni 2013 Anak-anak Indonesia
Soccer Channel 15 September 2015 (siaran pertama)
1 Oktober 2020 (siaran kedua)
Olahraga
(Sepak Bola)
Indonesia
Inggris
SLC 20 Juni 2020 Pendidikan Indonesia

Keterangan

  • 1 Sebelumnya bernama MNC Entertainment
  • 2 Sebelumnya bernama MTV Indonesia, MNC Music Channel, MNC Music dan Music Channel
  • 3 Sebelumnya bernama MNC The Indonesia Channel, MNC International dan MNC Channel
  • 4 Sebelumnya bernama MNC Muslim dan Hidayah
  • 5 Sebelumnya bernama Vision 1 Sports, MNC Sports 1 dan MNC Sports (melalui iNews Media Group)
  • 6 Sebelumnya bernama MNC Sports 2 (melalui iNews Media Group)
  • 7 Sebelumnya bernama MNC Sports 3 (melalui iNews Media Group)
  • 8 Sebelumnya bernama MNC Drama dan Drama Channel
  • 9 Sebelumnya bernama MNC Kids dan Kids Channel

Saluran yang telah dihentikan

Nama Tanggal siaran pertama Menghentikan siaran Digantikan oleh
Golf Channel 16 April 2010 15 Januari 2016 Golf+
iBCM Channel 1 29 September 2010 15 April 2016 IDX Channel
MNC World News 17 Agustus 2015 7 Agustus 2017 -
Games Channel 1 September 2015 31 Maret 2019 A&G
Extreme Channel 2 1 Maret 2016
Home & Living 3 25 April 2014 Travel & Homes
MNC Fashion 26 November 2012 Lifestyle & Fashion
Health & Beauty 4 6 September 2014
Movie Channel 5 30 Mei 2012 31 Desember 2019 Vision Prime
A&G 6 1 Juni 2015 15 Januari 2020 -
Premiere Channel 12 September 2015 -
Comedy Channel 7 1 April 2012 Entertainment
Travel & Homes 8 28 Februari 2013 Lifestyle & Fashion
M Shop 9 10 Desember 2012 31 Januari 2023 -
Besmart 1 Mei 2017 1 Juni 2023 -
MNC News 10 1 Maret 2006 30 Juni 2023 Sindonews TV
Lifestyle & Fashion 11 1 Juni 2010 Okezone TV
Infotainment 12 3 Oktober 2012 Celebrities TV

Keterangan

  • 1 Sebelumnya bernama MNC Business
  • 2 Sebelumnya bernama Etalase
  • 3 Sebelumnya bernama MNC Home & Travel
  • 4 Sebelumnya bernama MNC Health & Beauty
  • 5 Sebelumnya bernama MNC Movie
  • 6 Sebelumnya bernama MNC Auto & Gadget dan Auto & Gadget
  • 7 Sebelumnya bernama Vision Comedy dan MNC Comedy
  • 8 Sebelumnya bernama MNC Food & Travel dan Food & Travel
  • 9 Sebelumnya bernama MNC Shop
  • 10 Sebelumnya bernama MNC News Channel
  • 11 Sebelumnya bernama MNC Lifestyle
  • 12 Sebelumnya bernama MNC Infotainment

Lihat pula

Referensi

  1. ^ Public Expose MSIN 2018
  2. ^ Lapkeu MSIN 2019
  3. ^ Gulungan ekspansi MNC Studios, seperti apa?
  4. ^ "Awards". www.mncchannels.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-13. Diakses tanggal 2023-02-02. 

Pranala luar