Música sertaneja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Música sertaneja (pengucapan bahasa Portugis: [ˈmuzikɐ seʁtaˈneʒɐ]) atau Sertanejo (diucapkan [seʁtaˈneʒu]) adalah gaya musik yang berasal dari Brasil pada 1920-an.[1] Ini adalah gaya musik terpopuler di Brasil, yang lebih populer di seluruh pedalaman Brasil.[2] Sub-genre dari aliran ini termasuk Root Sertanejo, Romantic Sertanejo dan Sertanejo Universitário.

Lagu Sertanejo, genre musik yang paling sering dimainkan di radio Brasil dari 1990-an, terus menjadi yang teratas dalam tangga lagu Brasil. Sebagai tambahan, dari 2000 sampai 2003 dan sejak 2009, album música sertaneja telah diberikan kategori spesifik di Latin Grammy Awards.

Kebanyakan artis musik sertanejo terdiri atas duo, beberapa kali dibuat oleh saudaranya, biasanya salah satunya adalah dengan backing vocal dengan yang lain. Pria biasanya mendominasi adegan, meskipun baru-baru ini beberapa wanita (terutama, Paula Fernandes dan Maria Cecília) juga telah mencapai kesuksesan mainstream.

Subgenre dari Música sertaneja, disebut "sertanejo universitário" (university sertanejo), telah dikembangkan dari pertengahan 2000-an, berorientasi pada akustik dan penggunaan gitar, dan telah tumbuh sangat populer di kalangan pemuda Brasil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Música Sertaneja Diarsipkan 2011-09-27 di Wayback Machine. - Dicionário Cravo Albin da Música Popular Brasileira
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-27. Diakses tanggal 2012-06-30.