Lupa Daratan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lupa Daratan
SutradaraTindra Rengat
ProduserHanryan Jantuna
Ditulis olehTindra Rengat
PemeranTatiek Tito
Rachmat Hidayat
Yustiana Maria Suta
Muni Cader
Alam Surawidjaja
Surya Steffani Jantuna
Tina Juhara
Penata musikDoddy S Abuyamin
SinematograferKasdullah
PenyuntingMuryadi
Tanggal rilis
1975
Durasi99 menit
NegaraIndonesia

Lupa Daratan adalah film Indonesia tahun 1975 dengan disutradarai oleh Tindra Rengat dan dibintangi oleh Tatiek Tito dan Rachmat Hidayat.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di sebuah perkampungan miskin di lerreng bukit kapur, Sumi (Tatiek Tito) melahirkan bayi yang diberi nama Haryati. Ayahnya, Wurya (Rachmat Hidayat) pelaut yang tinggal di Jakarta, telah melupakan anak-isterinya, karena terpikat anun (Yustiana Maria Suta). Tatkala Sumi menyusul didapatinya Wurya sedang meresmikan pernikahannya. Sumi yang putus asa mencoba bunuh diri, tetapi dicegah Maman, seorang tukang becak. Sumi lalu berjuang sendiri di ibu kota dan bertekad menjadikan Haryati anak yang berguna.Suatu waktu Wurya dipecat dari perusahaan perkapalan tempatnya bekerja.

Ia dijebloskan oleh sahabatnya sendiri, Jalal (Muni Cader) gara-gara penyelundupan narkotik, hingga terjadi kejar-kejaran di laut. Lolos dari pengejaran itu, ia mendapat kabar bahwa Jalal sering dengan Hanum, maka ditembaklah dua orang itu dalam keadaan telanjang. Wurya akhirnya tertangkap dan dijatuhi hukuman oleh Haryati, SH anaknya sendiri yang telah jadi hakim.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman Lupa Daratan[pranala nonaktif permanen], diakses pada 9 Maret 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]