Lunchtime atop a Skyscraper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lunch atop a Skyscraper, 1932

Lunch atop a Skyscraper (New York Construction Workers Lunching on a Crossbeam) adalah foto terkenal yang diambil tahun 1932 oleh Charles C. Ebbets ketika pembangunan RCA Building (berganti nama menjadi GE Building pada 1986) di Rockefeller Center.

Rockefeller Center sedang dibangun tahun 1932, tempat foto ini diambil.

Foto ini memperlihatkan 11 pria sedang makan siang sambil duduk di sebuah gelegar dengan kaki mereka menggantung ratusan kaki di atas jalanan New York City. Ebbets mengambil foto ini pada 29 September 1932 dan muncul di New York Herald Tribune dalam kolom foto Minggu 2 Oktober. Selain itu, foto Men Asleep on a Girder yang diambil di tingkat ke-69 GE Building pada bulan-bulan terakhir pembangunan gedung juga memperlihatkan pekerja yang sama tidur siang di atas gelegar.

Pria duduk keempat dari kiri adalah penduduk asli Amerika John Charles Cook dari St. Regis Mohawk Reservation yang juga dikenal sebagai Akwesasne. Pria di ujung kiri dan ujung kanan adalah Matty O'Shaughnessy dan Patrick (Sonny) Glynn dari County Galway, Irlandia.[1] Pria ketiga dari kiri adalah Austin Lawton dari King's Cove, Newfoundland.

Pemilik hak cipta foto ini, Bettman Archive, tidak mengakui Charles C. Ebbets sebagai fotografernya sampai Oktober 2003 (setelah penyelidikan berbulan-bulan oleh firma penyidik swasta). Tetapi, pemilik foto ini yang terkenal karena dipajang sebagai poster disebut sebagai 'Unknown' di berbagai hasil cetakan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]