Luak, Lima Puluh Kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Luhak, Lima Puluh Kota)
Luak

Masjid Raya Batang Tabik
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Barat
KabupatenLima Puluh Kota
Pemerintahan
 • CamatRicky Edwar, S.Sos.
Populasi
 • Total23,628 jiwa
Kode Kemendagri13.07.04
Kode BPS1308020
Luas61,68 km²
Situs webhttps://kec-luak.limapuluhkotakab.go.id/

Luak adalah kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia. Kecamatan Luak adalah sebuah kecamatan yang berudara sejuk karena berada persis di lereng Gunung Sago dengan masyarakatnya yang ramah dan dinamis.

Atraksi wisata[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan Luak ini terdapat sebuah Nagari dengan lomba PACU ITIKnya, keramahan warga keelokan kampungnya dan keasrian alamnya. Nagari tersebut adalah Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang (SITAPA),Nagari ini terbagi dari 6 Jorong (Dusun) yaitu (1)Jorong Sikabu-kabu, (2) Jorong Lakuak Dama, (3) Jorong Bukik Kanduang, (4) Jorong Tanjung Haro Selatan, (5) Jorong Tanjung Haro Utara, (6) Jorong Padang Panjang. Selain itu, di Nagari ini juga terkenal dengan istilah kopi cantiknya, yaitu kopi dengan gelas kecil yang disajikan di warung-warung kopi yang berada dekat dengan sawah penduduk atau kolam ikan warga, disamping itu di Jorong ini juga terkenal dengan masakan "Gulai itiak lado mudonyo, pangek cubadak'" dan "karabu baluik", kalau "dunsanak" punya waktu luang sempatkan jualah berkunjung ke Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang untuk menghilangkan penat atau sekadar mencari udara sejuk di lereng pergunungan nan hijau.

2. Panorama Kayu Kayu Kolek

"Memiliki keindahan alam panorama di ketinggian lebih dari 1100 meter diatas permukaan laut (mdpl), Kayu kolek menyimpan pesona keindahan alam yang patut dinikmati. Pemandangan Kota Payakumbuh diselimuti kabut pagi menjadikan Kayu Kolek bagai Nagari di atas awan, dinginnya air disungai kecil yang mengalir, hingga udara sejuk pegunungan nan alami".

"Suguhan pemandangan yang indah dari ketinggian menjadi menu pembuka bagi wisatawan, pemandangan lanscape membentang disepanjang mata memandang"

(Lokasi: Jorong SIkabu-kabu)

3.SARASAH KAYU PUTIAH

" Pembangunan sarasah Kayu Putiah yang didukukung dengan Dana Desa menjadikannya suatu tempat yang sejuk & nyaman bersama keluarga, untuk menikmati hutan gunung sago nan alami sambil menikmati dinginnya air sarasah. Disini telah dilengkapi sarana MCK serta gazebo sebagai tempat istirahat dan sholat yang memadai. Sarasah ini berjarak lebih kurang 2 Km dari panorama Kayu Kolek. " (Lokasi: Jorong SIkabu-kabu)

4. TAMAN PROF MAYER

Taman yang diberi nama Prof.Mayor dilatar belakangi oleh sejarah kawasan dari tahun 1950 an yang telah menjadi tempat penelitian bagi Universitas Andalas (UNAND).

Taman ini akan menjadi tempat yang sejuk bagi wisata untuk menyaksikan keindahan hijaunya sawah-sawah yang berjenjang, sambil menikmati sajian-sajian makanan yang menjadi ciri khas Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang. (Lokasi: Jorong SIkabu-kabu)

5. KAYU KOLEK BIKE PARK

Objek wisata ini dikhususkan bagi pecinta Sepeda Gunung.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Akses kesana sangat mudah dan jalannya juga sangat mulus, dari pusat kota Payakumbuh pengunjung berkendara kearah Batang Tabit, kemudian disimpang Pakan Salasa belok kanan dan masuk ke Kelurahan Sicincin, lebih kurang 500 meter dari simpang Pakan Salasa dekat sebuah SD, belok kiri sembari mengikuti jalan yang menanjak dan tiba di Jorong Padangpanjang nan indah itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]