Lucius Tarquinius Priscus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lucius Tarquinius Priscus

Lucius Tarquinius Priscus (juga dikenal sebagai Tarquin I) adalah Raja kelima Kerajaan Romawi yang memerintah dari tahun 616 SM hingga 579 SM. Istrinya bernama Tanaquil.

Setelah kematian Ancus Marcius, Tarquinius Priscus berbicara pada Dewan Curiata dan meyakinkan mereka bahwa dialah yang harus dipilh sebagai raja berikutnya.

Menurut Livy, Tarquinius meningkatkan jumlah Senat dengan penambahan 100 orang dari keluarga-keluarga terkemuka. Di antaranya dari keluarga Octavii.

Perang pertama yang dilakukan oleh Tarquinius adalah melawan kaum Latin. Dia berhasil merebut kota Apiolae dan mendapat harta rampasan perang yang banyak.

Kemampuan militernya kemudian diuji dengan serangan dari kaum Sabin. Serangan itu pun berhasil dikalahkan melalui pertempuran jalanan yang mematikan di Roma. Dia kemudian menaklukkan lebih banyak lagi wilayah Etruska, kota Corniculum, Firulea, Cameria, Crustumerium, Americola, Medullia, dan Nomentum menjadi bagian dari Romawi. Dia membangun Forum Romawi dan kuil Jupiter di bukit Kapitoline. Dia juga menggandakan anggota Dewan Centuria menjadi 1800 orang.

Dia digantikan oleh menantunya, Servius Tullius.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Ancus Marcius
Raja Roma
616–579
Diteruskan oleh:
Servius Tullius