Luca Montezemolo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Luca Montezemolo
Lahir Luca Cordero di Montezemolo
31 Agustus 1947 (umur 66)
Bendera Italia Roma, Italia
Pekerjaan Pengusaha
Tahun aktif 1973-...
Tempat kerja Scuderia Ferrari

Luca Cordero di Montezemolo (lahir 31 Agustus 1947; umur 66 tahun) adalah seorang pengusaha asal Italia. Saat ini ia menjadi presiden di Ferrari S.p.A, sebuah perusahaan mobil mewah dari Italia. Selain itu ia juga menjadi managing director dari tim Formula 1 Scuderia Ferrari.

Profil[sunting | sunting sumber]

Pendidikan formal Montezemolo dimulai saat ia masuk fakultas hukum Universitas Roma pada tahun 1971. Setelah ia lulus pada 1973 ia langsung bergabung ke Ferrari sebagai asisten pribadi dari Enzo Ferrari.

Kemudian di 1977 ia diangkat menjadi humas Fiat Group, ia menjabat sebagai humas sampai tahun 1981. Selanjutnya ia dipromosikan sebagai managing director (MD) Itedi, yaitu sebuah perusahaan penerbitan milik Fiat Group.

Pada 1984 ia hengkang dari Ferrari dan masuk ke Cinzano. Di Cinzano ia menjabat sebagai MD. Tahun selanjutnya ia diangkat sebagai general manager Piala Dunia 1990 oleh FICC. Ia sukses mempromosikan dan juga menjalankan event besar tersebut pada tahun 1990.

Setelah sukses dengan Piala Dunia, Montezemolo akhirnya kembali ke Ferrari. Ia lantas diangkat sebagai presiden Ferrari dan MD tim Scuderia Ferrari pada tahun 1991. Di bawah asuhan Montezemolo, Ferrari kembali bisa sukses di F1 dengan menjadi juara dunia 2000-04 dan musim 2007. Ia juga sukses membawa kembali gelar konstruktor ke Maranello pada musim 1999.

Hal lain[sunting | sunting sumber]

  • Pada awal 2003 ia sempat masuk daftar kandidat kuat calon perdana menteri Italia. Namun ia membantah hal tersebut.
  • Awal 2005 ia juga sempat digosipkan akan menggantikan Bernie Ecclestone di Formula One Management (FOM), namun lagi-lagi Montezemolo membantah isu tersebut.
  • Montezemolo merupakan teman baik dari Silvio Berlusconi, uniknya saat berada di stadion Giuseppe Meazza atau Delle Alpi, mereka berdua adalah rival abadi, dikarenakan Berlusconi adalah pemilik dari AC Milan, sementara Montezemolo adalah CEO dari Juventus (yang juga merupakan anak perusahaan Fiat Group).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]