Lubomyr Husar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lubomyr Kardinal Husar
Coat of arms of Lubomyr Husar.svg

Lubomyr Husar (Bahasa Ukraina: Любомир Гузар) (lahir 26 Februari 1933; umur 81 tahun) adalah seorang Kardinal dalam Gereja Katolik dan kepala Gereja Katolik-Yunani Ukraina, suatu Gereja minoritas di Ukraina namun merupakan Gereja sui juris terbesar kedua dalam Komuni penuh dengan Tahta Suci. Setelah pemindahan tahta Keuskupan Agung Utama dari Lviv ke Kiev pada bulan Agustus 2005, dia kini bergelar Uskup Agung Utama Kiev-Halych dan seluruh Rus.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Lviv, dulu termasuk wilayah Polandia namun sekarang termasuk wilayah Ukraina, Husar bersama orang tuanya mengungsi pada tahun 1944 saat pecah Perang Dunia II. Mereka tinggal sementara waktu di Salzburg, Austria, lalu beremigrasi ke Amerika Serikat.

Dari tahun 1950 sampai 1954 dia menjadi siswa Seminari Kolose Katolik Ukraina Santo Basil di Stamford, Connecticut. Dia melanjutkan studi ke Universitas Katolik Amerika dan Universitas Fordham di Amerika Serikat, kemudian ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 30 Maret 1958 untuk berkarya di Eparki Katolik Ukraina Stamford.

Sejak tahun 1958 sampai tahun 1969, dia mengajar di Seminari Kolose St. Basil dan melayani sebagai pastor Gereja Katolik Ukraina Holy Trinity di Kerhonkson, New York antara tahun 1966 sampai 1969. Pada tahun 1969, Husar berangkat ke Roma, di sana dia menghabiskan waktu tiga tahun lamanya untuk memperoleh gelar Doktor di Universitas Kepausan Urbanianum. Dia kemudian masuk menjadi anggota biarawan Studit di Grottaferrata, Italia, dan kemudian diangkat sebagai Superior biara itu pada tahun 1974.

Ditahbiskan menjadi Uskup pada tahun 1977 oleh Josyf Cardinal Slipyj, tanpa persetujuan Sri Paus, dia diangkat sebagai Arkimandrit (Superior General) komunitas biarawan Studit di Eropa dan Amerika pada tahun 1978. Dia mengorganisir sebuah biara Studit yang baru di Ternopil, Ukraina, pada tahun 1994, serta dipilih oleh Sinode para Uskup Gereja Ukraina sebagaia Eksark (Kepala suatu Eksarkat) untuk Eksarkat Keuskupan Agung Kiev dan Vyshhorod pada tahun 1995, dan menerima pengakuan dari Sri Paus setahun sesudahnya. Meskipun memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat, dia rela melepaskannya ketika kembali ke tanah kelahirannya Ukraina.

Pada bulan Desember 2000, Sri Paus Yohanes Paulus II mengangkat Husar sebagai Administrator Apostolik untuk Keuskupan Agung Utama Katolik-Yunani Ukraina di Lviv, dan pada bulan Januari 2001 Sinode Gereja Katolik-Yunani Ukraina memilihnya sebagai Uskup Agung Utama. Sebulan sesudahnya, Sri Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya menjadi Kardinal Imam. Dia adalah salah seorang kardinal yang dipandang papabile (berpotensi menjadi Paus, suatu hal yang tidak lazim bagi seorang pengikut Gereja Katolik Timur ) dalam Konklaf pemilihan Paus pengganti Almarhum Yohanes Paulus II pada tahun 2005, di mana dia berpartisipasi sebagai seorang kardinal elektor (kardinal dengan hak pilih. Semua kardinal berhak dipilih namun tidak semuanya memiliki hak pilih) namun tidak terpilih menjadi Paus.

Pemindahan Tahta Keuskupan Agung Utama Lviv pada tanggal 21 Agustus 2005, ke kota Kiev, ibukota Ukraina, menjadikan Kardinal Husar sebagai Uskup Agung Utama Kiev dan Halych.

Sumber dan Referensi[sunting | sunting sumber]